Jakarta (ANTARA News) - Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Republik Kroasia Alexander Litaay meninggal dunia di Dubrava, Zagreb, Kroasia, Minggu (26/6).

Menurut siaran pers Kementerian Luar Negeri, Senin, Dubes Alexander Litaay telah menderita sakit jantung dan stroke sejak 23 April 2016 dan dalam kondisi koma sejak 25 April 2016.

Politisi senior Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu meninggalkan seorang istri dan tiga anak.

Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi atas nama pribadi dan keluarga besar Kementerian Luar Negeri menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya Alexander Litaay.

"Bapak Alexander Litaay menjalankan tugasnya di Kroasia sejak awal Maret 2016. Beliau memiliki semangat yang besar untuk memberikan sumbangsihnya bagi peningkatan hubungan bilateral dengan Kroasia," kata Menteri Luar Negeri.

"Semoga keluarga Alexander Litaay diberikan kekuatan dan kesabaran selalu dalam menghadapi cobaan ini," katanya.

Alexander Litaay lahir di Ambon pada 1 Oktober 1948 dan menempuh pendidikan Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendirikan Universitas Pattimura Ambon.

Selama kurang lebih 15 tahun, Alexander Litaay menjadi anggota DPR RI sebelum dilantik menjadi Duta Besar RI untuk Republik Kroasia pada 13 Januari 2016.

Pewarta: Ageng Wibowo Leksono
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016