Jakarta (ANTARA News) - Ketua Komisi I Abdul Kharis Almasyhari mengucapkan bela sungkawa atas meninggalnya Duta Besar RI untuk Republik Kroasia Alexander Litaay pada Minggu (26/6) siang waktu setempat di Rumah Sakit Dubrava, Zagreb, Kroasia.

"Kami segenap Anggota dan pimpinan Komisi I DPR RI turut berduka cita atas tutup usianya Bapak Alexander Litaay," kata Abdul Kharis di Jakarta, Senin.

Dia mengatakan, Alexander dinilai memiliki peran besar meningkatkan hubungan bilateral dengan Kroasia.

Menurut dia, dalam waktu yang relatif singkat, Alex mampu meningkatkan dan menjaga hubungan bilateral antara Indonesia dan Kroasia.

"Semoga segenap dari keluarga Bapak Alexander Litaay diberikan ketabahan dan keikhlasan, beliau salah satu Putra terbaik dari Indonesia Timur untuk Republik ini," ujarnya.

Berdasarkan keterangan Kementerian Luar Negeri RI, Alexander Litaay menjalankan tugasnya di Kroasia sejak dilantik presiden Joko Widodo pada Januari 2016.

Dubes Alex mulai menderita sakit jantung dan stroke sejak 23 April 2016 dan berada dalam kondisi koma sejak 25 April 2016.

Dubes Alex akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya Minggu 26 Juni siang waktu setempat di Rumah Sakit Dubrava, Zagreb, Kroasia.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016