Besok akan diumumkan (kebijakan) mana yang sudah berhasil untuk jangka pendek
Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo direncanakan akan meresmikan empat kelompok kerja (Pokja) untuk mengawal dan mempercepat pelaksanaan 12 paket kebijakan ekonomi, Selasa (28/6) di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

"Besok akan dikukuhkan oleh Pak Presiden untuk satgas (satuan tugas) ini. Memang satgas ini dibentuk khusus yang diminta Presiden pada waktu itu. Besok akan ada konferensi pers, termasuk langkah-langkah kerjanya," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution seusai rakor di Kantor Kemenko Perekonomian Jakarta, Senin.

Adapun empat Pokja yang dibentuk, yakni Pokja I Kampanye dan Diseminasi Kebijakan, Pokja II Percepatan dan Penuntasan Regulasi, Pokja III Evaluasi dan Analisa Dampak dan Pokja IV Penanganan dan Penyelesaian Kasus.

Darmin mengatakan akan ada pernyataan dari Menteri Perdagangan selaku Ketua Pokja I yang membidangi Kampanye dan Diseminasi Kebijakan.

Senada dengan itu, Ketua Tim Ahli Wakil Presiden Sofjan Wanandi selaku Ketua Pokja IV mengatakan Tim Pokja I akan mengumumkan regulasi dari paket kebijakan mana yang sudah berhasil direalisasikan.

"Besok akan diumumkan (kebijakan) mana yang sudah berhasil untuk jangka pendek. Memang ada paket yang untuk jangka menengah dan panjang. Mana yang berhasil harus dipercepat dan kasus-kasus mana yang sudah diselesaikan. Kita usahakan sebanyak mungkin besok diberitahukan," kata Sofjan.

Ia menjelaskan keempat Pokja ini dibentuk khusus untuk mengkoordinasikan dan menyelesaikan kasus-kasus yang membuat perekonomian dan investasi terhambat.

"Kasus pengaduan macam-macam kita terima. Sebelum diumumkan Presiden, kasusnya sudah banyak. Semua kasus yang kami tangani tentu yang menggerakkan ekonomi banyak. Kalau kasus kecil bukan di sini tempatnya," ujar Sofjan.

Ia menambahkan, menurut rencana, Presiden akan meresmikan keempat Pokja ini pada pukul 09.00 WIB di Kantor Kemenko Perekonomian.

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016