Sejak masa pendaftaran online ribuan peserta mendaftar dan hanya 265 calon siswa yang berhak mengikuti tes seleksi dan tersaringlah 96 siswa MAN Insan Cendekia Batam
Batam (ANTARA News) - Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia di Kota Batam Kepulauan Riau mulai beroperasi pada tahun ajaran 2016/2017.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepri Marwin Jamal di Batam, Senin, menyatakan sebanyak 96 siswa unggulan sudah lolos seleksi nasional yang dilakukan Kementerian Agama pusat.

"Sejak masa pendaftaran online ribuan peserta mendaftar dan hanya 265 calon siswa yang berhak mengikuti tes seleksi dan tersaringlah 96 siswa MAN Insan Cendekia Batam," katanya.

Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kemenag Kepri, Abu Sufyan, mengatakan saat ini sudah terbangun sembilan kelas baru yang siap digunakan.

Selain ruang kelas, empat gedung asrama putra dan putri juga sudah terbangun.

"Berdasarkan agenda kami, tanggal 12 Juli 2016, Kepala MAN Islam Cendekia dan majelis guru hasil seleksi sudah mulai masuk ke lokasi. Kami agendakan juga pertemuan dengan kepala dan guru serta pegawai MAN IC untuk meninjau sejauh mana persiapan menyambut siswa baru yang dilanjutkan dengan persiapan ajaran baru," kata dia.

Seluruh siswa baru mulai masuk ke asrama pada 16 Juli 2016, sekaligus pertemuan orang tua siswa dengan pihak madrasah terkait komitmen bersekolah. Dan pada 18 Juli 2016, hari pertama Masa Orientasi Sekolah.

Kepala Kemenag Batam, Zulkifli menyatakan ada beberapa fasilitas yang masih dalam tahap pembangunan, antara lain ruang makan, rumah guru dan boulevard serta masjid.

"Sedangkan untuk kebutuhan Kepala Madrasah dan guru memang menjadi kewenangan pusat, maka kami hanya menunggu saja siapa yang akan ditugaskan. Tugas kami di Kepri adalah segera menunjuk beberapa personel untuk segera bisa bekerja misalnya kepala tata usaha, bendahara, ASN pelaksana tata usaha, tenaga pengamanan, tenaga kebersihan, tukang masak dan tenaga laboran," katanya.

Pembangunan kompleks MAN Insan Cindekia dilakukan secara bertahap menggunakan APBN dan dukungan Pemrov Kepri untuk pemagaran kompleks madrasah dan masjid dari Pemkot Batam.

Pewarta: Jannatun Naim
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016