Terima kasih, di sela kesibukan bapak Presiden Jokowi menyempatkan hadir. Saya yakin ini menambah semangat prajurit,"
Jakarta (ANTARA News) - Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menyebutkan kehadiran Presiden Joko Widodo bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla pada acara buka bersama dengan Keluarga Besar TNI menambah semangat prajurit TNI.

"Terima kasih, di sela kesibukan bapak Presiden Jokowi menyempatkan hadir. Saya yakin ini menambah semangat prajurit," kata Panglima TNI di hadapan Presiden Joko Widodo, Wapres Jusuf Kalla serta sejumlah purnawirawan, di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin.

Prajurit TNI merasa bangga, terlebih Presiden Jokowi saat ke Natuna bersedia naik Kapal Perang RI (KRI) Imam Bonjol.

Semangat prajurit terus bertambah manakala Tunjangan Hari Raya (THR) untuk prajurit TNI telah dicairkan. Terlebih, gaji ke-13 para prajurit juga akan dicairkan, tetapi pencairan duit untuk personel TNI bakal diberikan bertahap.

"Gaji ke-13 akan diterima pada Senin, saat ini masih dalam proses. Tunjangan kinerja akan diterima setelah Lebaran. Pulang Lebaran semangat tinggi dan kembali ke Jakarta kembali dengan semangat tinggi pula," tutur Panglima TNI.

Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) ini pun mengibaratkan kepemimpinan di militer layaknya salat dalam umat Islam. Jika sang imam mengalami kesalahan, terdapat tata cara bagi makmum untuk mengingatkan.

Apabila keliru saat melafalkan surah misalnya, para jamaah bukannya melakukan koreksi melainkan langsung menyambungkan dengan ayat yang benar.

Sebab itu, mantan KSAD itu menegaskan bahwa TNI selalu tenang dan siap dengan kondisi Indonesia saat ini. Termasuk dengan adanya tujuh warga negara Indonesia (WNI) yang disandera oleh kelompok bersenjata di Filipina.

"TNI selalu tenang, selalu siap," imbuhnya.

Hadir dalam acara ini Presiden beserta Ibu Iriana Jokowi, Wapres beserta Ibu Mufidah Jusuf Kalla, mantan Wapres Try Sutrisno, Menko Polhukam Luhut Panjaitan, Kepala BNP2TKI Nusron Wahid, Ketua MPR, Zulkifli Hasan, Ketua DPR Ade Komarudin, Ketua DPD Irman Gusman, Kasad Jenderal TNI Mulyono, Kasau Marsekal TNI Agus S, Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti dan jajaran TNI lain.

Di tempat yang sama, Presiden Joko Widodo mengatakan sebelum datang ke Mabes TNI untuk menghadiri acara buka bersama, dirinya sempat menelpon Menkeu guna menanyakan gaji ke-13 dan gaji ke-14 (THR) bagi prajurit TNI sudah dikirim apa belum.

"Menkeu menjawab sudah ditransfer, dan mungkin ada yang belum sampai. Maksimal hari Rabu sudah diterima, Insya Allah," katanya.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016