Jakarta (ANTARA News) - Euforia kemenangan atas Inggris menyelimuti para pemain dan staf pelatih Islandia yang telah memastikan tiket lolos ke perempatfinal untuk menantang tuan rumah Prancis di Stade de France, Senin (4/7).

Pelatih Islandia, Heimir Hallgrímsson, bahkan mengatakan kemenangan atas Inggris membuktikan bahwa tidak ada halangan besar bagi negaranya berjaya di Euro 2016, termasuk saat menghadapi Prancis.

"Jika ada yang bilang kami akan lolos ke delapan dan mengalahkan Inggris di babak 16, setelah kemenangan ini, tidak ada halangan yang terlalu besar. Sekarang negara tuan rumah (jadi lawan) berikutnya di Paris. Itu pertandingan yang sangat besar," ucap Heimir Hallgrímsson kepada UEFA usai pertandingan, Selasa WIB.

Hallgrimsson yang menukangi Islandia bersama pelatih berpengalaman Lars Lagerback mengatakan kunci kemenangan negaranya atas Inggris adalah gol penyama kedudukan setelah Inggris unggul 1-0 lewat penalti Wayne Rooney pada menit ke-4.

"Itu adalah momen kunci (menyamakan kedudukan)," katanya. "Rencana mereka ingin menghentikan kami sejak  awal dan mereka mungkin berpikir bisa melakukannya.

Ia menambahkan, "Jika kami tidak melakukan itu, saya tidak tahu apakah permainan menjadi lebih baik. Secara psikologis itu sangat penting."

Islandia menggebuk Inggris dengan skor 2-1 lewat gol R.Sigurdsson dan Sigthórsson yang dicetak setelah penalti Inggris yang dicetak Wayne Rooney.

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016