Jakarta (ANTARA News) - Salah satu fitur baru yang diharapkan akan hadir pada Samsung Galaxy Note 7 adalah pemindai iris mata yang dapat digunakan untuk memverifikasi identitas seseorang untuk pembayaran mobile, dan untuk membuka telepon.

Meski demikian, perusahaan asal Korea Selatan itu masih berencana untuk membekali pemindai sidik jari pada perangkat tersebut jika pengguna tidak merasa nyaman menggunakan mata mereka untuk identifikasi.

Samsung telah mengajukan paten untuk sistem yang kemungkinan akan digunakan pada pemindai mata di Galaxy Note 7. Sistem tersebut akan menggunakan sejumlah kamera yang akan menangkap mata dan wajah pengguna.

Tidak hanya itu, sistem tersebut juga menggunakan tiga lensa untuk memastikan bahwa iris mata dapat dipindai dengan tepat pada awal perekaman. Sementara Sinar inframerah yang ditujukan pada mata dikendalikan oleh Applications Processor.

Lensa pertama pada pemindai iris akan menampilkan dua lensa bidang sempit yang akan fokus pada mata pengguna. Sedangakan lensa kedua memiliki bidang pandang lebar untuk menangkap wajah pengguna. Jika wajah atau mata tidak dapat dikenali, akan terdengar pesan suara yang memberitahu pengguna untuk mencoba lagi.

Samsung Galaxy Note 7 sendiri kabarnya akan diperkenalkan pada 2 Agustus, dan dirilis pada pertengahan bulan, demikian Phone Arena.

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016