Bekasi (ANTARA News) - Polresta Bekasi Kota, Jawa Barat, mulai mendirikan 14 pos pengamanan terpadu arus mudik Lebaran 2016 yang tersebar di sejumlah ruas jalan utama wilayah hukum setempat, Selasa.

"Pospam ini terdiri atas 11 Pospam dan tiga Pos Pelayanan," kata Kasubag Humas Polresta Bekasi Kota Iptu Evi Fatna di Bekasi.

Menurut dia, Pospam itu didirikan di sejumlah koridor mudik seperti Perumahan Harapan Indah, Kranji, Stasiun Bekasi, PDAM Kalimalang, Mega Bekasi Hypermall, Terminal Induk Bekasi, Bulak Kapal, Tol Bekasi Timur, Giant Teluk Pucung, Caman, Pasar Pisang Bantargebang, Komsen Jatiasih, Plaza Pondokgede dan Jalan Alternatif Cibubur.

Pospam tersebut, kata Evi, akan ditempati oleh 1.496 personel yang terdiri atas 924 personel polisi, 282 dari unsur TNI, Dinkes dan Satpol PP, dan 290 personel dari Pramuka, Pokdar dan unsur samping lainnya.

"Kami menyelenggarakan operasi kepolisian terpadu bertajuk Ramadhaniya Jaya 2016 selama 16 hari mulai 30 Juni sampai 15 Juli 2016 dengan mengedepankan kegiatan preventif," katanya.

Tujuan dari operasi itu, kata dia, adalah terjaminnya rasa aman warga masyarakat dalam merayakan lebaran dengan aman, lancar dan tertib.

"Kami menyasar pengamanan seluruh warga yang akan merayakan Idul Fitri, warga yang berbelanja maupun berwisata, warga yang melaksanakan shalat taraweh dan takbir keliling," katanya.

Kegiatan operasi akan diarahkan pada kendaraan roda empat dan roda dua, sarana prasaran ibadah, angkutan sembako, peredaran minuman keras, narkoba, petasan dan kembang api.

"Kami juga akan mengamankan sejumlah objek vital seperti kantor pemerintahan, tempat ibadah, tempat hiburan, terminal dan stasiun, bank dan mal," katanya.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016