Milan (ANTARA News) - Aktor Italia dan pembuat film, Bud Spencer meninggal dunia pada Senin dalam usia 86 tahun, media nasional melaporkan.

"Ayah meninggal dengan damai sekitar pukul 18.15 tanpa menderita sakit, dan kami semua menemaninya serta mendengar kata-kata terakhirnya terimakasih," kata Giuseppe Pedersoli, putranya yang menjadi produser film.

Pedersoli belum bisa dihubungi untuk diminta penjelasan lebih lanjut mengenai komentarnya.

Unggahan pada halaman Facebooknya tertulis "Dengan penuh duka, kami sampaikan bahwa Bud sudah terbang menuju perjalanan berikutnya."

Terlahir dengan nama Carlo Padersoli di kota selatan Naples, ia dikenal luas sebagai "Raksasa ramah" karena tubuhnya yang besar.

Ia memainkan film-film komedi pada 1970-1980-an, kebanyakan bersama sahabatnya Terence Hill.

Ia kerap berperan sebagai koboi atau polisi dan karyanya yang berhasil antara lain "They Call Me Trinity" suatu kisah parodi dan "Flatfoot" serta "A Firend is a Treasure".

Penggemarnya di luar negeri banyak, khususnya di Amerika Selatan tempat ia beberapakali bermukim sepangjang hayatnya, juga di Jerman.

Osvaldo De Santis, ketua 20Th Century Fox di Italia berbicara melalui saluran SKY TG24 "Ia adalah aktor yang harus disyukuri oleh perfilman Italia karena ia membawa film-film Italia mendunia."

Sebelum beralih ke dunia seni peran, Spencer adalah perenang profesional dan menjadi warga Italia pertama yang mampu berenang gaya bebas 100 meter dalam waktu kurang dari satu menit. Ia dua kali mengikuti Olimpiade.

Pada beberapa kesempatan ia mengatakan bersimpati pada partai tengah/kanan di negerinya dan mengajukan pencalonan dalam pemilihan lokal di Roma pada 2005 bersama partai Forza dari Silvio Berlusconi.

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016