... warga di kota-kota besar Indonesia, terutama Jakarta, bersumpah kejengkelan terbesar yang mereka hadapi selama bulan Ramadhan adalah kemacetan jalan yang semakin menggila...
Jakarta (ANTARA News) - Menahan lapar dan haus selama 12 jam ternyata bukanlah tantangan terbesar dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan, demikian hasil survei toko Android, 9APPS, terhadap 8.084 pengguna internet bergerak di Indonesia.

"Sebanyak 35 persen responden menjawab tidak berhubungan dengan menahan lapar dan haus, melainkan bagaimana menahan diri agar tetap tenang dan tidak terpancing amarahnya ketika harus berhadapan dengan orang yang menjengkelkan," menurut data 9APPS, dalam siaran pers diterima di Jakarta, Selasa.

Kemudian, tantangan terbesar kedua bagi 34 persen responden adalah bagaimana agar tetap bisa beraktivitas penuh di siang hari selagi menahan diri dari makan dan minum, yang mana tubuh cenderung lebih lemah dan mudah terserang kantuk.

Survei tersebut juga menunjukkan bahwa, penyebab terbesar seseorang kehilangan kesabaran dan batal puasanya adalah kemacetan jalanan.

"Para warga di kota-kota besar Indonesia, terutama Jakarta, bersumpah kejengkelan terbesar yang mereka hadapi selama bulan Ramadhan adalah kemacetan jalan yang semakin menggila," kata survei itu.

Selama bulan Ramadhan, 56 persen dari responden mengakui bahwa bergumul dengan kemacetan jalan selagi bergegas menuju pulang untuk berbuka puasa adalah tantangan terbesar selagi harus tetap menjaga ketenangan hati dan tidak meledak dalam kemarahan.

Ungkapan kekesalan terhadap kemacetan jalan ini dapat juga didengar di lagu parody karya Cameo Project yang berjudul “Kesempurnaan Cinta (Plesetan Ancur)”.

Adapun, mayoritas dari responden konsisten untuk tetap jujur saat ibadah puasa Ramadan, di mana 51,2 persen responden mengatakan mereka tetap menjaga kejujuran dan tidak tergoda untuk berbuat curang.
  
Tes kejujuran ini berbentuk macam-macam, mulai dari hal yang terlihat sepele seperti ada kesempatan untuk tidak bayar ongkos bus yang ditumpangi, tapi tetap bayar walau tidak ada orang yang memerhatikan, sampai hal yang lebih besar lagi.

Survei dan temuan-temuan dari 9APPS ini ditujukan untuk membantu para pengguna memahami apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi juara Ramadhan.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016