Jakarta (ANTARA News) - Saat ini aplikasi virus komputer dan telepon seluler (ransomware) yang menargetkan perangkat mobile terus meningkat, namun cara-cara yang dilakukan untuk melindungi diri sering kali membingungkan.

Penelitian Kaspersky mengungkap, tidak banyak orang yang memiliki solusi keamanan Internet terinstal pada telepon seluler (ponsel) cerdas (smartphone), walaupun faktanya perangkat tersebut paling mungkin mereka gunakan sebagai kamera dan sarana menyimpan foto.

Bahkan, ada yang percaya bahwa mereka dapat menemukan jalan keluar dari serangan ransomware dengan sekadar memutuskan jaringan Internet atau mematikan perangkat telekomunikasi bergerak (mobile) mereka untuk menghentikan proses serangannya.

Kaspersky Lab dalam siaran pers Selasa memberikan cara meminimalkan risiko kehilangan data akibat ransomware, sebagai berikut:
1. Pastikan selalu menggunakan versi terbaru dari perangkat lunak.
2. Menginstal solusi keamanan Internet,
3. Secara rutin melakukan backup data-data pribadi mereka,
4. Berhati-hatilah saat membuka e-mail dari pengirim yang tidak dikenal, melampirkan link yang mencurigakan atau tidak terduga. Jika merasa ragu, maka tanyakan terlebih dahulu kepada pengirim sebelum membuka pesan

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2016