Madrid (ANTARA News) - Media Spanyol pada Selasa, mengecam tim nasional Spanyol yang lemah dan meminta pelatih Vicente del Bosque mengundurkan diri setelah sang juara bertahan tersingkir dari Piala Eropa oleh Italia.

"Gagal" kata sebuah headline surat kabar olahraga di Barcelona, setelah kekalahan 2-0 di Paris yang sebelumnya Spanyol diprediksikan merengkuh gelar juara ketiga kali secara berturut, sementara media El Mundo Deportivo mengejek julukan "La Roja" dengan headline "La Floja" (Sang Lemah).

Media The Madrid yang berbasis di AS menyebutkan headline "Akhir dari Era" dan mengatakan Del Bosque harus pergi setelah meneruskan kesuksesan Spanyol di Piala Eropa 2008 era Luis Aragones.

"Ini waktunya menyerahkan tongkat kepelatihan Del Bosque kepada Caparros (mantan pelatih Sevilla) ," kata AS, informasi tambahan Caparros telah menolak tawaran melatih Betis, Valencia dan Alaves untuk menjadi pelatih tim nasional selanjutnya.

Selain Michel yang telah dipecat oleh Olympique de Marseille pada April dan mantan pelatih FC Porto Julen Lopetegui, Caparros menjadi kandidat kuat menggantikan Del Bosque yang sudah berusia 65 tahun.

"Gugur dengan mudah dan terlalu dini keluar dari kejuaraan sejak Piala Dunia 2014 adalah pertanda akhir dari Del Bosque," kata El Mundo Deportivo.

Halaman depan media Marca tertulis : "Kami tidaklah yang terbaik lagi, 2008-2016."

"Itu semua dimulai dan diakhiri dengan Itali," kata media koran itu.

Spanyol bisa saja terhindar berhadapan dengan Itali tetapi mereka kalah 2-1 dari Kroasia di penyisihan grup sehingga berada di sisi grup yang lebih berat.

Pada perempat final Piala Eropa 2008, Spanyol mengalahkan Itali dalam adu penalti, hal itu adalah titik balik yang menjadikan tim nasional Spanyol menjadi juara Piala Dunia 2010.

Marca memuji penjaga gawang Manchester United David de Gea yang memberikan perlawanan dari Spanyol dengan memberikan nilai tujuh dari 10, selain itu dengan hanya bermain di babak kedua, Aritz Aduriz dan Lucas Vazquez mendekati dengan nilai enam.

De Gea yang menjadi pilihan utama di Piala Eropa 2016 menggantikan kapten Spanyol Iker Cassilas yang merupakan pilihan utama sejak 2002, dan sudah membukukan empat penyelamatan melawan Italia. Demikian laporan Reuters.

(Uu.A072/D011)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016