Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Perhubungan mengangkut 12.011 sepeda motor per 27 Juni dalam program mudik gratis Lebaran 2016 ke berbagai kota di Pulau Jawa.

"Jumlah sepeda motor tersebut masih akan bertambah karena pendaftaran program mudik gratis dengan kereta api masih dibuka hingga 16 Juli 2016 atau mencapai kuota 15.834 sepeda motor," kata Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik di Jakarta, Selasa.

Hemi merinci 12.011 sepeda motor yang telah akan diangkut secara gratis tersebut terdiri dari 6.427 sepeda motor untuk arus mudik dan 5.584 sepeda motor untuk arus balik.

"Data sementara peserta kegiatan angkutan motor gratis dengan moda KA tahun ini cukup meningkat signifikan hingga lebih dari dua kali lipat dibandingkan realisasi tahun sebelumnya yang hanya sebesar 5.436 sepeda motor," katanya.

Dia menambahkan masyarakat masih dapat mendaftarkan sepeda motornya untuk diberangkatkan secara gratis dengan syarat menunjukkan tiket keberangkatan yang telah dimiliki, bisa berupa tiket kereta maupun bus.

Hemi mengatakan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan dijadwalkan akan melepas keberangkatan peserta mudik gratis sepeda motor tersebut menggunakan KA Brantas pada Rabu (29/6) dengan tujuan Cirebon, Tegal, Pekalongan, Semarang, Solo, Madiun, Kertosono, dan Kediri.

Selain dengan KA Brantas, penumpang juga dilayani dengan KA Kertajaya, KA Bengawan, dan KA Kutojaya Utara.

Dia mengatakan pengangkutan sepeda motor secara gratis oleh angkutan kereta api pada masa mudik lebaran tahun 2016 tersebut untuk terus meningkatkan keselamatan, keamanan dan pelayanan transportasi kepada masyarakat.

Pasalnya, lanjut dia, masih tingginya jumlah kecelakaan yang melibatkan sepeda motor bahkan hingga 70 persen.

Pewarta: Juwita TR
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016