London (ANTARA News) - Wakil dari 50 organisasi masyarakat Indonesia di Qatar bersama Dubes RI untuk Qatar, Marsekal Madya TNI (Purn) Muhammad Basri Sidehabi mengadakan peringatan Nuzulul Quran yang dihadiri Ketua DWP, Andi Una Sidehabi bersama sekitar 250 WNI diwarnai dengan suasana keakraban dan kehangatan diadakan Komunitas Indonesia di Qatar.

Acara yang dikoordinasi Indonesia Muslim Society in Qatar (IMSQA) dan Persatuan Masyarakat Indonesia di Qatar (Permiqa) wadah bagi 40.000 WNI di Qatar merupakan rangkaian acara komunitas diaspora tersebar di berbagai kota di Qatar seperti Dukhan, Messaid, Wakrah, Alkhor dan Doha, kata Counsellor KBRI Doha, Boy Dharmawan kepada Antara London, Selasa.

Ketua IMSQA, Abdullah menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dubes Basri yang memfasilitasi acara Nuzulul Quran. "Selain memperingati hari bersejarah umat Muslim, sekaligus mempererat hubungan persaudaraan antara ormas di Qatar," ujar Abdullah.

Dubes mengapresiasi kegiatan Permiqa khususnya IMSQA bidang sosial keagamaan dengan memperingati Nuzulul Quran dan menyampaikan peristiwa Nuzulul Quran adalah salah satu fase terpenting dalam sejarah peradaban Islam dan turunnya Al Quran sebagai penebar rahmat bagi seluruh umat, dan sumber dari semua ilmu pengetahuan yang telah dinikmati oleh ummat manusia.

Disampaikan pula peran KBRI Doha dan Wisma Duta sebagai rumah bangsa Indonesia. "KBRI selalu terbuka bagi semua masukan dan saran agar dapat melindungi dan melayani semua kepentingan WNI di Qatar," ujar Basri mantan anggota DPR ini.

Pelaksana Fungsi Pensosbud KBRI Doha, Anwar Lukman Hakim, selama bulan Ramadhan, diadakan berbagai kegiatan seperti Buka Puasa Bersama TKI, Nuzulul Quran, Tarawih, Ramadhan Fun 2016, Ceramah Ramadhan, Perlombaan Islami untuk anak-anak dan dewasa, dan penyaluran zakat fitrah dan ditutup dengan sholat Idul Fitri.

Acara Nuzulul Quran juga dihadiri Tenaga Kerja Indonesia bermasalah yang berada di penampungan KBRI Doha menunggu dipulangkan ke tanah air.

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016