Bandung (ANTARA News) - Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat memprediksi jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor naik 51 persen dibandingkan 2015.

"Meningkatnya pemudik yang memakai (sepeda) motor ini karena kita kan tahu bahwa untuk mendapatkan motor baru persyaratannya mudah bisa melalui kredit juga," kata Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat Dedi Taufik, di Bandung, Rabu.

Menurut data yang dimiliki Dinas Perhubungan Jawa Barat, pemudik yang menggunakan sepeda motor mencapai 4.604.475, dan 4.146.164 pada arus balik pada 2015.

Jumlah tersebut naik 4,96 persen dibanding 2014 untuk arus mudik dan 0,21 persen untuk arus balik.

Ia menuturkan salah satu upaya untuk mengurangi jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor adalah dengan mengadakan kegiatan mudik gratis dan tahun ini Dishub Jabar menyediakan 28 bus untuk program tersebut.

Sebelumnya Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyarankan agar masyarakat memanfaatkan program mudik gratis yang diadakan dinas perhubungan atau perusahaan-perusahaan lainnya.

"Mudik gratis juga ditujukan untuk meminimalisir pemudik sepeda motor. Dari pada pakai motor perjalanan jauh menyiksa diri, lebih baik naik kendaraan umum, naik bus gratis ini, bisa sambil tidur, bercanda, santai, nyanyi- nyanyi di bus, kan lebih enak," kata dia.

Namun, Aher tetap menghormati masyarakat yang mudik dengan kendaraan roda dua.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016