Lokasi parkir sepeda motor tetap ada di lantai dua dan tiga Taman Parkir Abu Bakar Ali. Trotoar sisi timur tidak digunakan untuk parkir sepeda motor dengan alasan apapun
Yogyakarta (ANTARA News) - Trotoar di sisi timur Jalan Malioboro dari ujung utara hingga simpang Jalan Perwakilan yang sebelumnya direvitalisasi siap menampung kunjungan wisatawan selama libur Lebaran.

"Meskipun hasil pembangunan atau revitalisasi trotoar belum sempurna, namun kondisi trotoar siap dikunjungi wisatawan selama libur Lebaran," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Malioboro Syarif Teguh di Yogyakarta, Rabu.

Papan penutup dan pembatas antara trotoar dan jalan yang selama ini dipasang telah dibuka dan sisa-sisa pembangunan dibersihkan. Pembukaan papan pembatas tersebut dilakukan pada H-7 Lebaran.

Pedagang kaki lima makanan yang selama ini berjualan di lokasi pembangunan, lanjut Syarif diperbolehkan berjualan di lokasi awal hingga H+7 Lebaran. Selama proses pembangunan trotoar, terdapat sejumlah pedagang kaki lima yang memilih libur berjualan.

Setelah libur Lebaran berakhir, proses pembangunan atau revitalisasi trotoar di sisi timur Jalan Malioboro akan kembali dilanjutkan. Revitalisasi trotoar di sisi timur Jalan Malioboro diperkirakan berlangsung hingga November.

Sementara itu, untuk lokasi parkir kendaraan selama libur Lebaran akan dikoordinasikan dengan Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta dan Polresta Yogyakarta.

Kepolisian memperkirakan akan ada sekitar tiga juta pemudik yang akan memadati Kota Yogyakarta selama libur Lebaran sehingga diperlukan rekayasa lalu lintas termasuk buka tutup Jalan Malioboro jika terjadi kemacetan.

Sebelumnya, Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti memastikan bahwa trotoar di sisi timur Malioboro akan digunakan untuk pejalan kaki dan tidak lagi digunakan sebagai lokasi parkir sepeda motor.

"Lokasi parkir sepeda motor tetap ada di lantai dua dan tiga Taman Parkir Abu Bakar Ali. Trotoar sisi timur tidak digunakan untuk parkir sepeda motor dengan alasan apapun," katanya.

Pewarta: Eka Arifa Rusqiyati
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016