Jakarta (ANTARA News) - Pembicaraan kontrak antara pebasket Dwayne Wade dengan timnya Miami Heat tak kunjung mencapai titik temu dan ia siap mendengar penawaran dari tim lain saat masa free-agency dibuka pada Jumat (1/7) setempat, kata sumber-sumber NBA sebagaimana dilansir ESPN.

Beberapa hari terakhir agen Wade telah menyampaikan kepada sejumlah tim bahwa kliennya akan terlibat di bursa kepindahan pemain, meski sejumlah tim cenderung skeptis dan bertanya-tanya seserius apa Wade mempertimbangkan meninggalkan tim yang dibelanya selama 13 tahun terakhir dan memenangi tiga gelar NBA tersebut.

Pada tahun lalu pembicaraan juga alot, berlangsung hingga beberapa pekan sebelum akhirnya Wade dan Heat sepakat untuk kontrak berdurasi setahun dengan nilai 20 juta dolar AS.

Musim lalu pebasket berusia 34 tahun itu tampil di 74 pertandingan untuk Heat dengan catatan rata-rata 19 poin, 4,1 rebound dan 4,6 asisst per laga, seolah-olah menjadi jawaban bahwa ia telah lepas dari masalah cedera lutut yang dideritanya bertahun-tahun.

Di pengunjung musim 2015/2016 Wade mengaku berharap negosiasi kontraknya bisa berjalan mulus pada musim panas kali ini.

"Saya harap semuanya berjalan senyap dan lancar seperti yang kuinginkan. Namun saya tak memiliki kendali atas itu, tak seperti yang orang pikirkan. Banyak elemen perpindahan dalam masa free-agency. Saya tak mengkhawatirkan apapun," kata Wade.

Heat saat ini masih memiliki sisa 40 juta dolar dari batas maksimum gaji mereka dan sembilan pemain mereka bakal memasuki masa free-agency pada Jumat (1/7) termasuk Wade, Hassan Whiteseida dan Luol Deng.

Heat juga menjadi salah satu dari enam tim yang akan bertemu Kevin Durant di masa free-agency sehingga mereka tentu menginginkan ruang gaji yang besar saat memasuki Juli 2016.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016