Jakarta (ANTARA News) - Ketua MPR Zulkifli Hasan mengharapkan Pancasilais menjadi perilaku sehari-hari manusia Indonesia sebagai perilaku yang disinari cahaya ilahi.

"Sejatinya Pancasila menjadi pandangan hidup manusia Indonesia. Perilaku yang sudah turun temurun. Perilaku yang disinari cahaya ilahi," katanya saat menyosialisasikan Empat Pilar MPR di Pringsewu, Lampung, seperti dilansir keterangan tertulis, Rabu.

Zulkifli mengatakan, perilaku Pancasialis adalah perilaku yang tutur katanya santun, simpatik, tidak mengadu domba, tidak menghasut dan tidak menebar kebencian.

"Pancasila itu tidak perlu dihafal, tidak perlu dicatat. Saya minta dipahami dan dimengerti dan dijadikan perilaku sehari-hari," katanya.

Selain itu, lanjut Zulkifli, manusia Pancasilais akan selalu mengutamaan musyawarah mufakat serta tidak ingin menang-menangan dan main hakim sendiri.

"Hidupnya tidak egois, bukan untuk dirinya sendiri, tetapi dia menjadi makhluk sosial. Hidupnya untuk semua, akhirnya memberi keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia," katanya.

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016