Jakarta (ANTARA News) - Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Robert Blake Jr, mengatakan, Gedung Putih senantiasa memperhatikan saran dan masukan dari para tokoh dan cendekiawan muslim tentang toleransi dalam Islam dan agama lain di Indonesia.

"Semua orang yang diundang dalam acara ini adalah tokoh-tokoh yang selama ini berhubungan baik dengan kami  dan kami sangat mengapresiasi semua saran dan informasi dari mereka tentang toleransi, Islam, dan agama-agama lain di Indonesia," kata Blake Jr, di kediamannya, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu.

Pada Rabu petang, Blake Jr menyelenggarakan buka puasa bersama dengan tokoh-tokoh dan cendekiawan Muslim dari berbagai organisasi, antara lain Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama (NU), dan Yayasan Dompet Dhuafa.

Menurut Blake Jr, tantangan yang dihadapi Islam saat ini semakin besar terutama karena munculnya kelompok-kelompok ekstremis, di antaranya ISIS dan Boko Haram, yang membuat Islam tampak sebagai agama yang intoleran dan menyukai kekerasan.

Oleh karena itu, peran Indonesia untuk mempromosikan Islam yang toleran dan cinta perdamaian sangat penting karena kehidupan Muslim Indonesia yang mayoritas namun toleran di tengah berbagai perbedaan menjadi contoh nyata tentang wajah Islam yang sesungguhnya.

"Contoh kehidupan masyarakat yang toleran di tengah keberagaman adalah suara Indonesia yang sangat penting untuk mempromosikan Islam yang toleran," kata dia.

Blake Jr juga mengatakan dirinya telah bertugas sebagai perwakilan Amerika Serikat di delapan negara yang juga menjalankan ibadah puasa Ramadhan, namun yang paling berkesan adalah di Indonesia.

Pewarta: Azizah Fitriyanti
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016