Jakarta (ANTARA News) - Ketua MPR Zulkifli Hasan mengatakan Bangsa Indonesia memiliki nilai-nilai luhur yang telah diwariskan para pendahulu dan hendaknya menjadi perilaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Dalam sosialisasi Empat Pilar MPR di Pringsewu, Lampung, Zulkifli menyebutkan nilai-nilai luhur itu di antaranya saling menghormati, saling menghargai, gotong royong dan musyawarah mufakat.

"Kita bangsa yang beragam suku dan agama. Kalau kita menghargai perbedaan maka kita bisa menjadi bangsa yang besar," katanya seperti dilansir keterangan tertulis MPR, Rabu.

Menurut Zulkifli, setiap warga negara Indonesia mempunyai hak yang sama tanpa melihat latar belakang agama maupun suku. "Walaupun beda agama dan suku, kita punya hak yang sama di negeri ini. Kita memang berbeda-beda, tapi kita satu," jelasnya.

Nilai-nilai luhur warisan bangsa itu, lanjut dia, perlu disosialisasikan agar masyarakat memahami dan menjadikan nilai-nilai luhur itu sebagai perilaku hidup sehari-hari. "Itulah gunanya kita sosialisasikan empat konsensus dasar," imbuhnya.

"Sosialisasi ini bukan hanya tugas MPR , tapi juga tugas bupati, gubernur, camat, polisi, TNI. Kalau hanya mengandalkan MPR pasti tidak berhasil," demikian Zulkifli Hasan.

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016