Kami mengikuti perkiraan ataupun proyeksi yang diberikan teman-teman (kementerian) perhubungan maupun dari Polri dan PU (kementerian pekerjaan umum),"
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengharapkan para operator memastikan untuk mengantisipasi layanan telekomunikasi di wilayah Brebes, Jawa Tengah tempat pintu keluar tol Cipali yang diperkirakan terjadi kemacetan.

"Kami mengikuti perkiraan ataupun proyeksi yang diberikan teman-teman (kementerian) perhubungan maupun dari Polri dan PU (kementerian pekerjaan umum)," katanya di Jakarta, Rabu, terkait dengan wilayah kemacetan di Brebes.

Untuk itu, Menteri Rudiantara mengimbau para operator telekomunikasi dan informatika untuk menambah kapasitasnya di wilayah tersebut karena diperkirakan terjadi kenaikan lalu lintas data (internet), pesan singkat (sms) maupun suara (telepon) yang signifikan.

"Di sana fokus dari teman-teman operator menambah kapasitas apakah dengan menambah mobile BTS misalnya," katanya.

Sementara itu, menurut dia, pihaknya bersama dengan para operator, Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) dan pemangku kepentingan lainnya telah menggelar uji jaringan.

Uji jaringan tersebut untuk memastikan kualitas layanan selular baik suara, sms, maupun internet dilaksanakan di pelabuhan, bandara, stasiun dan rute jalan maupun rel kereta api yang akan dipergunakan untuk mudik.

Uji jaringan yang dimulai sejak 30 Mei 2016 tersebut diperkirakan selesai pada 30 Juni 2016 ini. Dengan demikian, diharapkan operator dapat memastikan kualitas layanannnya dan masyarakat yang mudik tidak mengalami kesulitan dalam menggunakan telpon seluler untuk berkirim kabar baik dengan suara (telpon), data (internet), maupun sms.

Pewarta: Muhammad Arief Iskandar
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016