Beijing (ANTARA News) - Kepala pengawas internet China telah mengundurkan diri dan digantikan oleh salah satu wakilnya, demikian laporan kantor berita pemerintah, Xinhua pada Rabu.

Lu Wei tidak lagi menjadi Kepala Administrasi Dunia Siber China, terang Xinhua dalam laporan singkat seraya menambahkan, salah satu wakilnya, Xu Lin akan segera menempati posisi tersebut.

Xu, 53 tahun, sesuai catatan biografinya, sempat ditugaskan mengisi bagian propaganda di Shanghai dari 2013 sampai 2015 hingga akhirnya dipindahkan sebagai salah satu wakil di bawah pimpinan Lu.

Harian South China Morning Post (SCMP) di Hong Kong menilai Xu adalah murid dari Presiden Xi Jinping.

Keduanya sempat bekerja sama saat Xi mengepalai Partai Komunis Shanghai dengan singkat pada 2007, hingga akhirnya ia pun pindah ke Beijing saat Xi menjabat presiden.

Xinhua tidak menjelaskan jabatan yang akan diisi Lu.

Penunjukan selanjutnya dapat membutuhkan waktu hingga beberapa minggu.

Pemerintah China tengah mengetatkan pengawasan internet melalui sejumlah kebijakan hukumnya.

Pejabat terkait mengatakan, pembatasan sejumlah laman internet seperti Google dan Facebook dibutuhkan guna menjamin keamanan dari tingginya kemungkinan ancaman, misalnya saja, terorisme.

Pemerintah asing dan para pelaku bisnis luar negeri menilai pembatasan internet sebagai hambatan lebih luas dalam sektor perdagangan, demikian Reuters.

(G003)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016