Bandung (ANTARA News) - Kepolisian Daerah Jawa Barat memprediksi puncak arus mudik Lebaran tahun ini di Jawa Barat akan terjadi pada Sabtu dan Minggu (1-2 Juli).

"Kemungkinan besar kita prediksi Sabtu-Minggu ini puncak arus mudik karena sudah mulai cuti bersama kan," kata Dirlantas Polda Jawa Barat Kombes Pol Sugihardi di Bandung, Kamis.

Ia mengatakan, Jawa Barat adalah wilayah tujuan dan perlintasan bagi pemudik kendaraan roda empat atau roda dua saat arus mudik dan balik Lebaran terjadi.

"Kalau lewat Jawa Barat itu kan pemudik ada yang mau ke Jawa Timur dan Jawa Tengah pasti lewat ke Jawa Barat," kata dia.

Polda Jawa Barat sendiri, kata Sugihardi, telah melakukan sejumlah langkah antisipasi untuk menghadapi dan mengamankan puncak arus mudik yang diperkirakan terjadi akhir pekan ini.

"Kita sudah rapat koordinasi dan mengecek sarana prasarana jalan, kita siapkan cb-cb (cara bertindak) kalau terjadi kepadatan di titik-titik tertentu, mudah-mudahan roda kendaraannya tidak sampai bergerak," kata dia.

Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat Dedi Taufik menambahkan sekitar 10 juta orang yang akan mudik melintasi Jawa Barat.

"Mereka melintasi jalur darat, udara, hingga jalur air atau sungai," kata Dedi.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016