Marseille (ANTARA News) - Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo sama-sama giat mengukir prestasi agar tersemat predikat sebagai megabintang di jagat sepak bola global.

Tampil berlaga di sejumlah turnamen akbar, kedua pemain itu terus bersaing berebut kemuliaan dan kejayaan dengan bermodal kesungguhan dan kerja keras di lapangan.

Polandia siap menantang Portugal dalam laga perempat final Piala Eropa 2016 yang digelar di Stade Vélodrome, Marseille, pada Kamis (30/6) atau Jumat dini hari, pukul 02.00 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan secara langsung oleh RCTI.

Messi disebut-sebut berencana pensiun dari Timnas Argentina setelah gagal membawa negaranya meraih sukses di Copa America Centenario 2016, sementara Ronaldo berpeluang untuk memecahkan rekor sebagai pencetak gol terbanyak di Piala Eropa 2016.

Jika Polandia mampu mengalahkan Portugal, bukan tidak mungkin CR7, sebutan bagi Cristiano Ronaldo, siap mengikuti jejak Messi dengan pensiun di timnas. Hati Messi demikian kelu ketika mengambil tendangan penalti di final Copa America 2016.

Polandia bukan lawan mudah, meski mereka tidak pernah meraih kemenangan di kejuaraan Eropa pada tahun ini. Prestasi terbaik negeri ini di kancah sepak bola, yakni mampu melaju sampai semi-final Piala Dunia 2008.

Ronaldo telah mengoleksi dua gol. Dua gol krusial ketika melawan Hungaria di babak penyisihan grup yang berakhir 3-3. Hasil ini membawa Selecao, sebutan bagi Portugal, mampu melaju ke babak perempat final.

Polandia menampilkan pertahanan impresif, tidak mudah ditembus lawan. Bukan tidak mungkin pasukan asuhan pelatih Adam Nawalka menampilkan permainan bertahan menghadapi gempuran bertubi-tubi barisan depan Portugal.

Lini depan Polandia diperkuat oleh Robert Lewandowski yang nota bene mengukuhkan diri sebagai pencetak gol terbanyak selama babak kualifikasi Piala Eropa. Ia mengoleksi 13 gol.

Komentar pelatih:

* Adam Nawałka (Polandia):

"Saya kira bahwa kami telah membuktikan mampu tampil mengesankan. Kami tahu kekuatan kami dan mampu berkembang. Ini bukan kejutan bahwa kami meraih hasil gemilang di turnamen ini. Kami meraih kemajuan berarti dan kami berharap mencapai performa terbaik."

"Portugal tampil sebagai tim yang dihuni sejumlah pemain hebat yang mampu menyerang dengan api. Mereka juga mampu bertahan. Yang sangat jelas bahwa mereka mengandalkan penguasaan bola, dan mereka sangat berbahaya ketika menggalang serangan balik."

"Kami berharap dapat tampil tenang dan fokus kepada laga dengan memberi perhatian kepada kerjasama antar lini. Robert Lewandowski pemain yang sangat penting. Ia berperan sangat penting sebagai kapten tim. Ia tangguh dalam kekuatan fisik dam mental baja."

* Fernando Santos (Portugal):
" Kami (Yunani) pernah menghadapi Polandia di laga awal empat tahun lalu. Saya ingat betul pertandingan itu. Pertandingan besok memang tidak ada sangkut pautnya dengan laga 2012. Asisten saya yakin bahwa Polandia berpeluang lolos. Saya yakin mereka punya niatan seperti itu. Tidak ada tim yang difavoritkan, peluangnya 50-50."

"Setiap orang tahu membicarakan mengenai Cristiano Ronaldo. Ini beralasan karena ia pemain luar biasa. Ada ratusan pemain di sini yang justru tidak kita bicarakan setiap hari. Normal saja bila bicara seputar pemain seperti Ronaldo atau Lewandowski."

"Pertandingan bakal berlangsung imbang. Meskipun saya yakin bahwa Polandia siap tampil sebagai tim yang strategis. Mereka mampu melakukan transisi secara apik, dari pertahanan ke serangan dengan sangat cepat. Kami coba memanfaatkan titik-titik kelemahan mereka."  

Prediksi susunan pemain:

* Polandia (4-4-2):

Fabiański (penjaga gawang); Piszczek, Glik, Pazdan, Jędrzejczyk; Błaszczykowski, Krychowiak, Mączyński, Grosicki; Milik, Lewandowski.
Absen jika menerima kartu dari wasit: Grosicki, Mączyński, Peszko, Piszczek, Pazdan, Jędrzejczyk

* Portugal (4-4-2):
Rui Patrício (penjaga gawang), Cédric, Fonte, Pepe, Guerreiro; Silva, William Carvalho, Sanches, Mário; Nani, Ronaldo.
Absen jika menerima kartu dari wasit: William Carvalho, Pepe, Quaresma

Data dan fakta (Opta Facts):

* Ini menjadi pertemuan ketiga antara Polandia dan Portugal di turnamen besar, pertemuan pertama di turnamen Eropa. Mereka masing-masing meraih satu kemenangan: 1-0 bagi Polandia di Piala Dunia 1986, dan 4-0 bagi Portugal di Piala Eropa 2002.
* Polandia tidak terkalahkan dari tiga laga head-to-head melawan Portugal (satu menang, dua imbang).
* Portugal mencetak enam gol ketika melawan Polandia yang umumnya dilesakkan di babak kedua.
* Polandia untuk kali pertama melaju ke kuarter-final Piala Eropa dalam sejarah mereka.    
* Portugal menjadi satu tim yang mampu melenggang ke kuarter-final di kejuaraan Eropa di setiap turnamen sejak 1966.
* Polandia tidak pernah melesakkan lebih dari satu gol dalam satu laga di ajang Piala Eropa (dalam 10 laga). Dalam 10 laga itu, gol yang dicetak tidak lebih dari dua gol.    
   
Lima laga terakhir:
(W:menang; L:kalah; D:imbang)

* Polandia: W W D W D

25/06/16 Swiss 1 - 1 Polandia
21/06/16 Ukraina 0 - 1 Polandia
17/06/16 Jerman 0 - 0 Polandia
12/06/16 Polandia 1 - 0 Irlandia Utara
06/06/16 Polandia 0 - 0 Lithuania

* Portugal: W D D D W
26/06/16 Kroasia 0 - 1 Portugal
22/06/16 Hungaria 3 - 3 Portugal
19/06/16 Portugal 0 - 0 Austria
15/06/16 Portugal 1 - 1 Islandia
09/06/16 Portugal 7 - 0 Estonia

Head To Head:
 
01/03/12 Polandia 0 - 0 Portugal
09/09/07 Portugal 2 - 2 Polandia
12/10/06 Polandia 2 - 1 Portugal
10/06/02 Portugal 4 - 0 Polandia
08/06/86 Polandia 1 - 0 Portugal

Prediksi hasil laga (Goal.com):

* Polandia 1 - 2 Portugal
* Poland 0 - 1 Portugal
* Polandia 0 - 2 Portugal

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:

* Polandia: 0
* Portugal: 2
  

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016