Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi meminta tim nasional di bawah usia 19 tahun segera dibentuk untuk menghadapi kejuaraan piala AFF.

"Timnas U-19, harus segera dibentuk. Tidak ada alasan waktunya sedikit, kalau tidak nanti akan dipakai dari liga pelajar saja," kata Imam Nahrawi seusai melantik PP SOIna di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan apabila tidak segera terbentuk dengan alasan waktu yang sempit, kemudian membutuhkan anggaran yang besar untuk membentuk materi tim, maka Indonesia akan mendelegasikan Pusat Pendidikan Latihan Mahasiswa (PPLM) yang saat ini bermarkas di Purwakarta, Jawa Barat.

Menurut Menpora, PPLM sudah sering melakukan uji coba melawan tim PON dari daerah-daerah serta selalu maraih hasil yang positif. Sehingga apabila dibutuhkan untuk delegasi timnas maka sudah siap untuk menjadi timnas U-19.

Hingga saat ini materi timnas U-19 belum terbentuk, dengan agenda terdekat adalah Piala AFF untuk U-19.

Sementara sebelumnya, untuk timnas senior, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) akhirnya menunjuk kembali Alfred Riedl sebagai pelatih yang akan menghadapi Piala AFF 2016 akhir tahun ini meskipun pelatih asal Austria itu tidak masuk hitungan.

Alfred Riedl mengaku siap untuk kembali melatih Timnas Garuda. Apalagi, sebelumnya saat menjadi pelatih timnas Indonesia meraih hasil yang cukup bagus yaitu menjadi finalis Piala AFF 2010 yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta.

Pewarta: Afut Syafril
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016