Kolaka (ANTARA News) - Angkutan sungai danau dan pelabuhan (ASDP) Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, menyiapkan enam kapal feri untuk mengangkut penumpang arus mudik Lebaran 2016 di daerah itu.

Kepala ASDP Kolaka Zainuddin mengatakan bahwa pihaknya sudah mengantisipasi kesiapan menjelang arus mudik dan arus balik, baik sarana maupun prasarana.

"Kami sudah melakukan persiapan sejak H-12 untuk mengantisipasi arus mudik," katanya.

Menurut dia, ASDP telah menyiapkan delapan kapal feri. Namun, dua di antara kapal itu, yakni KMP Mishima dan KMP Darma Kartika, untuk sementara dalam perbaikan sehingga yang akan beroperasi sebanyak enam kapal.

Pada saat ini, kata dia, trip perjalanan kapal feri yang melayani arus mudik tiga kali pelayaran sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh otoritas penyelenggara pelabuhan (OPP).

Begitu pula, jika terjadi lonjakan jumlah penumpang, sesuai dengan hasil rapat dengan instansi terkait, pihak ASDP akan meminta penambahan trip perjalanan kepada pihak otoritas pelabuhan.

"Kami berharap agar tidak ada penumpang arus mudik yang telantar karena di pelabuhan karena tidak ada pemberangkatan kapal feri," kata Zainuddin.

Hasil pantauan di lapangan, hingga Kamis, kondisi penumpang kapal feri masih tampak normal. Namun, diperkirakan H-3 jumlah penumpang sudah mulai tampak.

Pewarta: Darwis Sarkani
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016