Bandung (ANTARA News) - Kepala Kepolisian Resor Garut, Arif Budiman memprediksi arus kendaraan pemudik roda dua dan empat mulai membludak pada Jumat (1/7) malam bersamaan dengan mulai masuknya musim libur hari raya Lebaran.

"Diprediksi mulai Jumat malam kendaraan yang melintas akan meningkat," kata Arif usai gelar pasukan pengamanan Lebaran 2016 di Markas Polres Garut, Kamis.

Menurut dia, arus kendaraan yang melintasi jalur selatan lintas Garut akan didominasi kendaraan roda dua.

"Diprediksi Jumat malam kendaraan roda dua akan mendominasi jalur selatan," katanya.

Ia menuturkan, Kabupaten Garut merupakan daerah yang menjadi kota tujuan maupun perlintasan dari Bandung menuju Tasikmalaya dan daerah lainnya.

Kepadatan kendaraan di Garut, kata dia, akan terjadi setelah Lebaran, karena banyak masyarakat yang hendak berlibur mengunjungi objek wisata di Garut.

"Diperkirakan H+1 akan ada kepadatan arus di wilayah kota dan selatan, banyak juga yang mudik ke Garut pada hari Lebaran," katanya.

Ia menambahkan, jajarannya telah mempersiapkan 999 personel untuk pengamanan arus lalu lintas pada musim arus mudik dan balik hari raya Lebaran.

Pengamanan tersebut, kata dia, bukan hanya di jalur mudik, tetapi di pusat keramaian masyarakat kawasan kota Garut dan objek wisata.

"Ada 999 personel dan satu kompi Brimob disiagakan untuk pengamanan," katanya.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016