Jakarta (ANTARA News) - Portugal akan menghadapi Polandia pada babak perempatfinal atau delapan besar Euro (Piala Eropa)  2016 di Stade Velodrome, Marseille, Prancis, Jumat dini hari WIB.

Kedua tim sama-sama menerapkan skema formasi klasik 4-4-2 yang membebankan serangan pada dua penyerang. Portugal yang dilatih Fernando Santos tetap mengandalkan kelincahan Luis Nani dan Cristiano Ronaldo, adapun Polandia memainkan Arkadiusz Milik dan Robert Lewandowski sebagai ujung tombak.

Polandia kemungkinan akan menurunkan empat gelandang dengan formasi berlian di mana Renato Sanches akan berada di belakang Ronaldo. Adrien Silva dan Joao Mario akan menjadi sayap, sementara William Carvalho berperan sebagai gelandang bertahan.

Empat bek Portugal antara lain, Pepe,  Fonte, Cedric, dan Eliseu bertugas untuk menjaga pergerakan Milik dan Lewandowski sekaligus mengawasi pergerakan sayap Polandia, Grosicki dan Błaszczykowski.

Ronaldo dan kolega mencapai babak perempatfinal usai menyingkirkan Kroasia dengan skor 1-0 setelah menjadi peringkat tiga terbaik dari grup F. Sementara Polandia melenggang ke perempatfinal setelah menyudahi perlawanan Swiss di babak 16 besar.

Wasit asal Jerman, Felix Brych, akan menjadi pengadil lapangan pada laga ini. Selain itu, pada pertandingan malam ini akan digelar penghormatan untuk korban bom bunuh di Istanbul, Turki.

Susunan pemain kedua tim dilansir dari UEFA:

Polandia (4-4-2):
Fabiański (G), Pazdan, Jedrzejczyk, Glik, Piszczek, Maczynski, Krychowiak, Grosicki, Błaszczykowski, Milik, Lewandowski.

Portugal (4-4-2)
: Rui Patrício (G), Pepe,  Fonte, Cedric, Eliseu, Adrien Silva, Joao Mario, William Carvalho, Renato Sanches, Nani, Ronaldo.

Penerjemah: Alviansyah P
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016