Jakarta (ANTARA News) - Laga perempatfinal Euro 2016 antara Portugal melawan Polandia berlanjut ke babak tambahan waktu menyusul skor imbang 1-1 selama 90 menit pada laga di Stade de Marseille, Prancis, Jumat dini hari WIB.

Kedua tim sama-sama pernah menjalani babak perpanjangan waktu pada babak 16 besar Euro 2016. Portugal mengalahkan Kroasia di babak perpanjangan waktu, bahkan Polandia menaklukan Swiss di babak adu penalti.

Pada jalannya laga, Polandia unggul cepat saat laga baru menginjak satu menit 40 detik lewat gol Robert Lewandowski meneruskan umpan Kamil Grosicki yang memanfaatkan kelengahan sayap kanan pertahanan Portugal.

Keunggulan Polandia sirna setelah Portugal menyamakan kedudukan 1-1 lewat sepakan akurat yang dilepaskan Renato Sanches dari luar kotak penalti pada menit 33 setelah menerima umpan Luis Nani.

Pada babak kedua, permainan kedua tim tidak banyak berubah. Portugal tetap melancarkan serangan dari tengah ke sisi sayap, sementara Polandia menunggu kesempatan untuk serangan balik.

Ronaldo melancarkan serangan dari sisi kiri kemudian melepaskan tembakan yang membentur jaring gawang pada menit 57 setelah menerima umpan William Carvalho.

Polandia bukan tanpa peluang, pada menit 68 Arkadiusz Milik nyaris membobol gawang Rui Patricio setelah menerima umpan Kamil Grosicki. Sayang upaya Milik berhasil digagalkan kiper portugal.

Pelatih Portugal Fernando Santos melakukan pergantian taktik dengan memasukkan Ricardo Quaresma dan Joao Moutinho menggantikan Joao Mario dan Adrien Silva pada pertengahan babak kedua.

Portugal kemudian memiliki dua peluang matang dari tandukan Jose Fonte pada menit 78 dan aksi Ronaldo yang lolos dari perangkap offside pada menit 86, namun tetap tidak berbuah gol. Skor 1-1 bertahan hingga akhir babak kedua.

Susunan pemain kedua tim dilansir dari UEFA:

Polandia (4-4-2):
Fabiański (G), Pazdan, Jedrzejczyk, Glik, Piszczek, Maczynski, Krychowiak, Grosicki (B. Kapustka), Błaszczykowski, Milik, Lewandowski.

Portugal (4-4-2) : Rui Patrício (G), Pepe,  Fonte, Cedric, Eliseu, Adrien Silva (Joao Moutinho), Joao Mario (Ricardo Quaresma), William Carvalho, Renato Sanches, Nani, Ronaldo.

Penerjemah: Alviansyah Pasaribu
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016