Jakarta (ANTARA News) - Dian Sastrowardoyo berbagi tips dan trik untuk menghasilkan swafoto alias selfie terbaik.

1. Pencahayaan
"Muka kita harus selalu menghadap ke sumber cahaya supaya kelihatan jelas," kata Dian dalam siaran pers dari L'oreal Paris Indonesia.

Namun, ingatlah untuk menyeimbangkan cahaya agar foto tidak menjadi terlalu terang. 

Ia menjelaskan ada dua waktu yang disebut magic hour, ketika sinar matahari sedang dalam kondisi terbaik. Pencahayaan natural itu terjadi satu jam setelah matahari terbit dan satu jam sebelum matahari terbenam.


2. Kenali sisi paling menarik
Pelajari mana sisi wajah yang paling menarik saat foto. Cobalah angle foto dari berbagai sisi untuk melihat hasil terbaik, entah itu high angle, low angle atau side angle.

"High angle atau pengambilan foto dari posisi tinggi bisa membantu membuat mata terlihat lebih besar dan rahan terlihat lebih kecil," kata pemeran Cinta dalam "Ada Apa Dengan Cinta".

"Kalau low angle atau pengambilan foto dari posisi rendah bisa membantu menyamarkan kantung mata dan double chin," imbuh Dian.

Sementara itu, side angle adalah pengambilan foto dari samping seperti foto siluet. Teknik ini dapat mempertegas profil wajah, terutama mata, hidung, tulang pipi dan rahang. 

Jangan lupa fokuskan tatanan rias Anda di area tersebut. Dian memberi tips untuk mengombinasikan eyeliner dan maskara bila ingin menonjolkan riasan mata agar terlihat "berbicara". Lalu, sedikit mendongak untuk mengurangi terlihatnya dagu berlipat.

3. Pertajam ekspresi wajah
Bereksperimen dengan ekspresi wajah yang bisa menonjolkan kepribadian dan membuat Anda paling percaya diri. Setiap orang punya gaya dan ciri khas masing-masing. 

Dian lebih suka ekspresi ceria yang membuat selfie terlihat "hidup", namun Anda juga bisa mencoba ekspresi tajam nan dingin seperti model high fashion.

4. Keluarkan pose terbaik
Sama seperti ekspresi, pose terbaik untuk setiap individu bervariasi. Pelajari postur tubuh dan carilah tipe pose terbaik untuk Anda.

"Saat berpose, kita harus kelihatan effortless dan jaga postur badan kita. Bahu ditarik dan leher dipanjangkan ke atas," kata Dian.

"Selain itu, kita harus tahu badan kita terlihat lebih bagus dari sisi depan atau sisi samping. Kalau aku sih lebih suka agak menyamping."

5. Wefie
Terlihat keren saat wefie alias foto ramai-ramai adalah sebuah tantangan karena harus menonjol di antara banyak orang dalam ruang terbatas.

Dian biasanya selalu berdandan sebelum wefie, serta memastikan semua orang masuk dalam frame foto.

"Beri kamera ke siapa pun yang paling tinggi untuk mengambil wefie-nya supaya framing bisa jauh lebih luas. Lalu, kalau mau terlihat kecil, ambil posisi di tengah dan kalau mau terlihat lebih tinggi, ambil posisi di samping."

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016