London (ANTARA News) - Mudik lebaran bukan hanya milik orang Indonesia yang ada di Tanah Air tetapi juga masyarakat Indonesia yang ada di luar negeri khususnya di Inggris yang ramai-ramai mudik dengan menggunakan maskapai penerbangan Garuda yang lagi memberikan potongan harga untuk masyarakat dan juga pelajar Indonesia yang ingin mudik lebaran.


Alia Karenina yang tengah mengambil Master of Science (MSc) di King Collage London dalam bidang Emerging Economies and International Development merasa senang mendapatkan tiket promo Garuda ekonomi seharga 475 Pounsterling PP London - Jakarta - London.

"Jadi memaksakan pulang ke Indonesia biar bisa kumpul sama keluarga dan juga ketemu anak yang dititipkan di orangtua selama saya sekolah, ujar Alia Karenina yang mendapat beasiswa Chevening selama satu tahun.

Saat menunggu boarding gadis manis yang pernah menjadi penyiar di stasiun TV Bloomberg Indonesia ini mengakui belum pulang sejak September 2015. Ia mengatakan harusnya ia bisa dapat tiket lebih murah lagi jika menghubungi kantor sales di London selain itu juga dapat luggage allowance khusus student 40kg.

Menejer Garuda di London, Jubi Prasetyo kepada Antara London mengatakan bahwa Garuda memang memberikan potongan harga untuk masyarakat yang ingin mudik lebaran.

Mudik lebaran juga dilakukan lokal staff di KBRI London, Juli Amaludin yang mendapat izin cuti bersama sang istri Imas yang sudah menetap di London selama 9 tahun. "Saya ikut istri yang sudah duluan bekerja di London," ujar Juli yang tamat D1 perhotelan dan baru diangkat sebagai lokal staff.


"Saya senang bisa mudik lebaran ke kampung sekalian jenguk orang tua," ujar Jul yang tentunya bisa menikmati ketupat lebaran.


Anisah Lilis salah satu anggota Induk, yang merupakan organisasi para pekerja domestik di London yang telah bekerja selama 10 tahun juga senang bisa mudik tiap tahun, apalagi tiket Garuda yang cukup bersaing dengan penerbangan lainnya. Lilis yang sudah mengantongi izin kerja itu pun dititipi rekan-rekannya oleh oleh untuk keluarga mereka di tanah air,

Mudik lebaran juga dimanfaatkan oleh keluarga Wahyu dan Yuni Hansudi bersama dua buah hati mereka yang masih balita dan punya bisnis pemandu wisata di London Britania Tour yang berasal dari Blitar.

Rasa rindu akan kampung halaman bagi para perantau khususnya menjelang lebaran Hari Raya Idul Fitri menjadi impian para perantau seperti halnya juga mereka yang bekerja di Jakarta, ramai-ramai mudik ke kampung.

Mereka pun yang bekerja di negeri orang juga ingin mudik.

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016