Jakarta (ANTARA News) - Selepas merayakan hari raya bersama keluarga sejumlah orang bisanya telah merencanakan perjalanan liburan yang menyenangkan, baik itu di dalam maupun di luar negeri.

Bagi Anda yang liburan di luar negeri, biaya roaming tentu bisa jadi penghambat dalam menikmati liburan, pada saat koneksi internet sangat dibutuhkan untuk mencari tempat-tempat populer atau sekedar berbagi cerita keseruan liburan.

Berikut tips hemat pulsa ketika berada di luar negeri dari Opera.

1. Temukan penawaran roaming.
Sebelum berangkat ke bandara, periksa operator seluler Anda. Pastikan provider memiliki penawaran paket roaming internasional, yang dapat membantu menghemat pemakaian data.

Ketika sampai pada tempat tujuan, gunakan waktu untuk membaca SMS dari operator seluler dengan seksama. SMS tersebut biasanya berisi rincian biaya untuk panggilan, SMS dan pemakaian paket data selama liburan.

2. Beralih ke browser yang menurunkan penggunaan data pada halaman web
Jika Anda menggunakan data lebih sedikit tentunya Anda dapat menghemat uang, dan menelusuri internet lebih cepat ketika berada di lokasi dengan sinyal lemah.

3. Matikan pencurian data.
Matikan notifikasi dan data yang berjalan di latar belakang. Statistik menunjukkan bahwa data latar belakang saat aplikasi tidak digunakan dapat memakan data hingga 30 persen.

4. Matikan sinkronisasi.
Jika Anda telah mengatur Dropbox, Facebook atau Google Drive untuk mengunggah foto-foto liburan dari ponsel Anda secara otomatis, matikan sinkronisasi ini di pengaturan untuk mengurangi penggunaan data.

Atau, Anda bisa menyesuaikan pengaturan di smartphone anda sehingga foto-foto liburan hanya akan terunggah jika terhubung dengan Wi-Fi.

5. Kompres data di ponsel.
Cobalah aplikasi yang dapat menghemat penggunaan data dan dapat memperkecil penggunaan data, gambar dan video di seluruh aplikasi di ponsel Anda.

6. Siapkan segala macam hiburan di ponsel
Tentunya playlist musik dan film menjadi teman Anda selama di perjalanan. Selain itu Anda juga bisa mencoba menyimpan halaman-halaman web yang sering anda kunjungi. Sehingga Anda dapat menggunakannya tanpa mengaktifkan roaming atau mencari Wi-Fi.


Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016