AsiaNet 64949

TOKYO, 30 Juni 2016 (Antara/Kyodo JBN-AsiaNet) --

Kementerian Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan Jepang mengumumkan akan menyelenggarakan Washoku World Challenge (WWC) 2016, kontes "washoku", atau lomba masak masakan khas Jepang, yang hanya terbuka untuk warga non-Jepang. Event ini dirancang untuk mencari individu-individu di berbagai negara/wilayah yang berbakat dan antusias terhadap sektor kuliner Jepang, dan untuk lebih jauh mempromosikan kuliner Jepang.

(Foto: http://prw.kyodonews.jp/opn/release/201606271958/)

Tahun ini menandakan seri keempat event ini telah berlangsung, dan banyak koki non Jepang yang telah mendaftar untuk mengikuti kontes ini. Pendaftaran dibuka hingga tanggal 31 Agustus 2016. 10 kontestan yang berhasil melalui babak awal seleksi akan berpartisipasi di Tokyo untuk mengkuti babak final yang akan diselenggarakan pada tanggal 15 Desember 2016.

Babak seleksi pertama akan dilaksanakan pada pertengahan September, dimana dewan juri akan menilai dan mengkaji resep masakan yang diajukan oleh para kontestan. Performa kontestan akan dinilai secara menyeluruh mulai dari kesesuaian masakan mereka dengan karakteristik kuliner Jepang, serta penampilan presentasi masakan, orisinalitas, dan pendekatan kontestan terhadap kuliner Jepang. Babak seleksi kedua akan diselenggarakan pada awal Oktober dimana dewan juri akan mencicipi hidangan yang telah disajikan berdasarkan resep yang diajukan, dan kemudian akan memilih 10 kontestan yang akan bertanding di babak final. Di babak final, para kontestan akan diminta untuk menyajikan masakan di tempat kompetisi, masakan yang mereka uraikan dalam penerapannya, ditambah masakan lain yang menggunakan bahan-bahan tertentu sebagai tugas mereka. Dewan juri, yang terdiri dari pakar dan publik figur, akan menilai performa para kontestan berdasarkan teknik memasak mereka, cita rasa, dan tingkat kesempurnaan masakan mereka.  

Untuk lebih jauh lagi mempromosikan popularitas kuliner dan bahan makanan khas Jepang ke seluruh dunia, dan menjadikannya sebagai bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari orang-orang di seluruh dunia, partisipasi dari koki-koki dari berbagai negara yang memahami cita rasa penduduk setempat sangatlah penting. WWC hadir untuk menemukan pria dan wanita yang ingin menyajikan makanan otentik dan lezat khas Jepang, dan mendukung upaya mereka dalam lebih jauh lagi mempromosikan makanan dan bahan makanan khas Jepang.

Untuk informasi lebih lanjut cara untuk mendaftar, silakan kunjungi:
http://washoku-worldchallenge.jp/2016/en/

Untuk pertanyaan seputar pendaftaran, silakan kunjungi:
http://washoku-worldchallenge.jp/2016/en/index.html#contact


Sumber: The Washoku World Challenge Executive Committee

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2016