Tahun ini pesertanya melebihi kuota. Awalnya hanya untuk 4.000 orang, tapi ternyata ada sekitar 4.200 orang yang kita berangkatkan. Mudah-mudahan tahun depan kuotanya kita tambah,"
Serang (ANTARA News) - Gubernur Banten Rano Karno melepas peserta mudik gratis yang dibawa 80 bus untuk 16 kota tujuan di Indonesia, di halaman Masjid Al-Bantani Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) di Serang, Jumat.

Mudik gratis yang diselenggarakan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Banten diikuti sekitar 4.200 peserta untuk 16 kota tujuan di Pulau Jawa dan Sumatera.

"Tahun ini pesertanya melebihi kuota. Awalnya hanya untuk 4.000 orang, tapi ternyata ada sekitar 4.200 orang yang kita berangkatkan. Mudah-mudahan tahun depan kuotanya kita tambah," kata Gubernur Banten Rano Karno usai melepas peserta mudik.

Ia mengatakan, program mudik gratis bertujuan untuk membantu masyarakat yang ingin mudik ke kampung halaman dengan keterbatasan biaya serta bagi masyarakat yang akan mudik menggunakan kendaraan motor karena rentan kecelakaan. Sehingga dengan mudik menggunakan bus yang disediakan oleh Pemprov Banten diharapkan bisa mengurangi angka kecelakaan bagi pemudik yang menggunakan roda dua tersebut.

Kepala Dishubkominfo Banten Refri Aroes mengatakan, untuk melaksanakan program tersebut, Pemerintah Provinsi Banten menyiapkan 80 angkutan bus AC untuk penyelenggaraan program mudik Lebaran gratis dengan tujuan 16 kota di Pulau Jawa dan Sumatera.

Sedangkan kota tujuan mudik gratis tersebut ada 16 kota di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan di sejumlah Kota di Pulau Sumatera.

Peserta akan diantarkan ke kota tujuan masing-masing dan perjalanan selanjutnya ke kampung halaman ditanggung oleh masing-masing peserta.

Menurut Revri, kota tujuan program mudik gratis tersebut yakni di Jawa Barat ke Tasikmalaya, Cirebon, Kuningan, ke Jawa Tengah yakni ke Tegal, Purwokerto, Cilacap, Kebumen, Magelang, Semarang, Solo, Kudus serta Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sedangkan daerah lainnya ke Madiun, Bandar Lampung, Palembang dan Padang.

Sarno (35) Salah seorang peserta mudik gratis tujuan Solo mengatakan, program mudik gratis yang diselenggarakan Pemprov Banten sangat membantu keluarga terutama meringankan ongkos perjalanan mudik ke kampung halaman.

"Saya berangkat sekeluarga ada tiga orang. Kalau pakai bus umum biayanya satu orang ke Solo saat ini Rp375 ribu. Alhamdulillah dengan adanya program mudik gratis ini, kami sangat terbantu," kata Sarno warga Pekarungan Kota Serang yang mudik bersama anak dan istrinya ke Solo.

Pewarta: Mulyana
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016