Pada tahun ini banyak perusahaan yang menggelar acara mudik bareng, sehingga jumlah peserta mudik bareng BPJS Ketenagakerjaan berkurang,"
Karawang (ANTARA News) - Sebanyak 377 pemudik asal Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mengikuti acara mudik bareng yang diselenggarakan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan setempat, Jumat.

"Pada tahun ini banyak perusahaan yang menggelar acara mudik bareng, sehingga jumlah peserta mudik bareng BPJS Ketenagakerjaan berkurang," kata Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan setempat Toto Suharto, di pangkalan bus PO Warga Baru, Karawang.

Ia mengatakan, berkurangnya peserta mudik bareng lebaran tahun ini terlihat dari 11 bus yang disediakan, hanya tujuh bus yang diisi peserta mudik bareng. Itu terjadi karena banyak perusahaan yang menggelar acara mudik bareng.

Menurut dia, pemudik yang mengikuti acara mudik bareng itu berasal dari berbagai perusahaan yang tersebar di sejumlah wilayah sekitar Karawang.

Para pemudik tersebut akan dihantarkan ke daerah asalnya masing-masing melalui rute Cirebon, Tegal, Purwokerto, Cilacap, Semarang, Yogyakarta, dan Solo.

Sementara itu, kegiatan mudik bareng yang diselenggarakan BPJS Karawang itu sendiri dilepas oleh Sekretaris Daerah setempat Teddy Rusfendi Sutisna.

Sekda meminta semua pemudik asal Karawang segera mengurus surat pindah di daerahnya masing-masing, jika ingin kembali dan menetap di daerah Karawang.

Ia menyatakan, pemindahaan kependudukan bagi warga yang bekerja dan mencari penghidupan di Karawang itu cukup berguna. Sebab, setelah tercatat menjadi warga Karawang, semua aktivitas mereka di kota pangkal perjuangan bakal lebih mudah dan tertata.

"Masa sih punya rumah dan hidup bertahun-tahun di Karawang, tetapi KTP-nya masih daerah asal. Itu akan menyulitkan mereka sendiri ketika terjadi sesuatu yang tidak dingiinkan," kata Teddy.

Pewarta: M. Ali Khumaini
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016