Jakarta (ANTARA News) - Wales melenggang ke semifinal Euro 2016 dengan kemenangan meyakinkan atas Belgia 3-1 di Lille, Prancis, Sabtu dini hari WIB.

Wales menjadi tim asal Britania Raya pertama yang lolos ke semifinal Euro setelah Inggris pada Piala Eropa 1996 di Inggris.

Pasukan Chris Coleman melenggang ke putaran utama Euro Prancis dengan status runner-up dari grup B kualifikasi Piala Eropa. Wales berada di bawah Belgia dengan selisih dua poin, namun mengungguli Bosnia, Israel, Siprus dan Andorra.

Kendati dibawah Belgia, Wales berhasil menekuk pasukan Marc Wilmots 1-0 pada pertandingan pertama kualifikasi di Cardiff dan menahan 0-0 pada pertandingan kedua di Brussels.

Masuk ke fase grup putaran utama Euro 2016, Wales tergabung bersama Inggris, Rusia dan Slowakia.

Di luar dugaan, Wales berhasil menyabet juara grup B dengan keunggulan satu poin atas Inggris. Wales menuai dua kemenangan fase grup antara lain 3-0 atas Rusia, 2-1 atas Slowakia, namun kalah 1-2 dari Inggris.

Wales kemudian bertemu Irlandia Utara di babak 16 besar. Gareth Bale dan kolega sukses menyingkirkan Irlandia Utara dengan skor tipis 1-0 lewat gol bunuh diri Gareth McAuley.

Wales pun menantang Belgia yang bermain tanpa dua bek andalan, Jan Verthongen dan Thomas Vermaelen di perempatfinal. Aaron Ramsey dan tim pun tanpa kesulitan melibas Belgia dengan skor 3-1 untuk menantang Portugal di semifinal.

Berikut hasil pertandingan Wales hingga ke semifinal dilansir UEFA:

Fase grup B

Wales 2-1 Slovakia
Gol: Gareth Bale, Robson Kanu - Ondrej Duda

Wales 1-2 Inggris
Gol: Gareth Bale - Jamie Vardy, Daniel Sturridge

Wales 3-0 Rusia
Gol: Aaron Ramsey, Neil Taylor, Gareth Bale

Babak 16 besar
Wales 1-0 Irlandia Utara
Gol: Gareth McAuley (bunuh diri)

Babak perempatfinal

Wales 3-1 Belgia
Gol: Ashley Williams, Hal Robson-Kanu, Sam Vokes - Radja Nainggolan

Babak semifinal

Kamis, 7 Juli 2016 di Lyon.

Wales vs Portugal

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016