San Francisco (ANTARA News) - Facebook mulai menguji coba alat penerjemah yang akan membuat pesan secara otomatis muncul dalam bahasa pilihan pengguna.

Jejaring sosial itu pertama kali membuat alat "pengubah multibahasa" awal tahun ini untuk dipakai pada halaman yang merepresentasikan perusahaan, merek, grup dan selebritas melalui layanan Pages.

Kini, penerjemah itu bisa dipakai pengguna pada umumnya, seperti dilansir dari AFP.

"Penulis laman dan orang lain di Facebook bisa membuat sebuah pesan dalam berbagai bahasa, dan pembaca yang berbicara dalam salah satu bahasa itu akan melihat pesannya dalam bahasa pilihan mereka saja – membuat orang-orang bisa lebih mudah berinteraksi dengan pembaca yang beragam," kata Facebook.

Setengah dari pengguna Facebook yang berjumlah lebih dari 1,5 miliar orang di seluruh dunia berbicara bahasa selain bahasa Inggris, kata jejaring sosial yang berbasis di California itu.

Salah satu faktor yang akan digunakan Facebook untuk menentukan bahasa mana yang akan digunakan untuk mengunggah pesannya mencakup lokasi yang dipasang di setelan akun dan bahasa apa yang sering digunakan pengguna untuk pesan mereka.

Facebook berencana menggunakan pesan multibahasa untuk meningkatkan kemampuan mesin penerjemah dengan tujuan agar suatu hari bisa menghilangkan kendala bahasa di jejaring sosial.

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016