Pendaftar 2.000 orang dengan daerah tujuan Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur,"
Surabaya (ANTARA News) - Sebanyak 2.000 orang mengikuti mudik gratis program Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang diselenggarakan melalui PT Jasa Raharja ke sejumlah daerah di Pulau Jawa.

"Pendaftar 2.000 orang dengan daerah tujuan Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur," ujar Kepala Cabang PT Jasa Raharja Jawa Timur Tri Yugara di sela pemberangkatan bus mudik gratis di Makodam V/Brawijaya di Surabaya, Sabtu.

Total 50 bus dengan kapasitas 40 penumpang setiap unitnya serentak diberangkatkan oleh Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf didampingi Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Sumardi, Wakapolda Jatim Brigjen Pol Gatot Subroto dan sejumlah pejabat lainnya.

Program ini, kata dia, merupakan tahun ketujuh yang diselenggarakan Kementerian BUMN melalui PT Jasa Raharja dan diakui setiap tahunnya mengalami kenaikan pemudik lebih dari 10 persen.

"Semakin banyaknya pemudik yang ikut program ini maka mengurangi volume arus mudik menggunakan kendaraan pribadi dan sepeda motor sehingga menimalisasi angka kecelakaan di jalan," ucapnya.

Sebagai bentuk jaminan keselamatan, lanjut dia, setiap penumpang yang mengikuti program mudik gratis ini mendapat asuransi jika terjadi kecelakaan di jalan.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan tahun 2008, santunan terhadap korban meninggal dunia karena kecelakaan sebesar Rp25 juta, luka-luka maksimal Rp10 juta dan cacat tetap maksimum Rp25 juta.

Sementara itu, Wagub Jatim Saifullah Yusuf atas nama Pemerintah Provinsi mengapresiasi kegiatan mudik gratis ini karena sebagai salah satu wujud mengurangi risiko kecelakaan di jalan sekaligus mempermudah masyarakat bersilaturahim dengan keluarganya di kampung halaman.

"Terima kasih kepada Kementerian BUMN dan PT Jasa Raharja atas terselenggaranya mudik gratis ini, serta membantu Pemprov Jatim yang juga menggelar program serupa, baik bus, kereta api maupun kapal laut," kata Gus Ipul, sapaan akrabnya.

Berdasarkan data dari Dinas Perhubungan dan Lalu Lintas Angkutan Jalan Jawa Timur, pergerakan manusia selama masa arus mudik 2016 diperkirakan mencapai 9 juta orang, yaitu 5 juta orang ke luar Jatim, dan 4 juta orang lainnya masuk wilayahnya.

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016