Bandung (ANTARA News) - Persib Bandung mengalahkan PSM Makassar 3-2 (2-1) pada lanjutan Kompetisi Indonesia Soccer Championship (ISC) 2016 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Kota Bandung, Sabtu.

Gol kemenangan Persib Bandung dicetak oleh striker narutalisasi Sergio van Dijk melalui titik penalti menit ke-33, Robertino menit ke-44 dan bek Purwaka Yudi menit ke-86. Sedangkan gol balasan PSM dicetak Ardan Arass menit ke-45 dan Muchlis Hadi menit ke-81. Kemenangan itu merupakan sukses kedua Persib di Stadion GBLA, dan kemenangan pertama setelah kembali ditangani pelatih Jajang Nurjaman.

Hujan deras yang turun sebelum pertandingan dimulai, membuat lapangan di Stadion GBLA licin, namun tidak mengendurkan permainan teknik Persib Bandung maupun PSM Makassar.

Kemenangan itu mendongkrak Persib pada klasemen sementara ISC 2016 dengan nilai 13 hasil sembilan kali bertanding, tiga kali menang, empat kali seri dan dua kali kalah. Sedangkan PSM masih berada di posisi 16 dengan nilai tujuh hasil sembilan kali bertanding, dua kali menang, sekali seri dan enam kali kalah.

Pada pertandingan yang dipimpin wasit Dwi Purba Adi Wicaksana itu, Persib tampil mendominasi sejak menit awal pertandingan. Persib tampil lebih dominan dan kembali menemukan permainan bola-bola pendek yang dimainkan dari sektor tengah menyuplai lini depan yang ditempati Syamsul Arif dan Sergio van Dijk.

Sergio, Syamsul Arif dan Robertino mengancam gawang PSM yang dikawal kiper Davit Aryanto. Namun pada menit ke-33, Persib mendapat penalti setelah Robertino dijatuhkan di kotak penalti. Keputusan wasit mendapat protes pemain PSM, namun wasit tetap pada keputusannya.

Sergio van Dijk yang menjadi algojo akhirnya membuat Persib memimpin setelah tembakanya menembus jala PSM. Namun ketinggalan 0-1 membuat PSM meningkatkan tempo permainan.

Memanfaatkan kelengahan pemain bertahan pada menit-menit akhir babak kedua, PSM membobol gawang M Natsir melalui Ardan Aras menitke-44 setelah mendapat umpan dari Ferdinand Sinaga. Namun Persib membuat kejutan, tidak sampai semenit Robertino membuat Persib kembali memimpin setelah mencetak gol memanfaatkan bola mental dari tiang gawang sehingga kedudukan 1-2 untuk Persib bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, PSM langsung mengancam melalui Rasyid, namun diamankan kiper Natsir yang tampil menjadi benteng terakhir Maung Bandung. Jeda pertandingan dimanfaatkan PSM untuk melakukan konsolidasi serangan untuk meredam permainan tuan rumah.

Namun Persib tetap mendominasi, bahkan back Vladimir Vujovic beberapa kali melakukan overlap membantu serangan, bahkan sempat memberi andil serangan menit ke-50, namun tempakan Atep mampu diblok kiper PSM.

Babak kedua Persib memasukan Tantan dan Zulham Zamrun yang memberi kombinasi serangan Persib pada babak kedua, yang juga diwarnai dengan beberapa serangan mengancam dari PSM melalui Rasyid dan Muchlis Hadi.

Dan melalui serangan beruntun, Muchlis Hadi Ning berhasil menaklukan kiper M Natsir sertelah melepaskan diri dari kawalan Puwaka Yudi menit ke-81 sehingga kedudukan menjadi imbang 2-2.

Namun ambisi PSM untuk menahan imbang Persib gagal, setelah Purwaka Yudi mencetak gol ketiga Persib sekaligus gol kemenangan Persib pada menit ke-86. Purwaka yang melakukan over laping akhirnya membalaskan dengan gol setelah ia kecolongan oleh gol kedua PSM Makasar.

Hingga pluit panjang dibunyikan wasit Dwi Purba Adi kedudukan tetap 2-3 untuk kemenangan Persib Bandung, yang disambut antusias oleh bobotoh Persib yang hadir di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) itu.

Susunan Pemain Persib: M Natshir, Dias Angga Putra, Purwoko Yudi, Tony Sucipto, Vladimir Vujovic, Atep (c), Hariono, Robertino, Taufiq, Samsul Arif, Serginho van Dijk.

PSM Makassar : Davit Ariyanto, Erik Setiawan, Hendra Wijaya, Jajang Maulana, Valentino Telaubun, Ardan Aras, Hasan Basri, Lohy Rasyid Assahid, Rizky Ahmad (c), Ferdinand Alfred, Muchlis Hadi.

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016