Jakarta (ANTARA News) - Pelatih Italia Antonio Conte menilai tim yang diasuhnya tetap menjadi kesebelasan yang disegani dan dihormati lawan kendati disingkirkan Jerman pada perempatfinal Euro 2016.

Italia yang sempat mengalahkan Belgia dan Spanyol mampu menahan seri Jerman selama 120 menit namun kalah 6-5 pada babak adu penalti di Bordeaux, Prancis.

"Melawan tim yang kuat, kami menunjukkan bahwa tim ini tangguh di mana seluruh lawan menghormati kami dan sangat segan terhadap kami," kata Antonio Conte kepada UEFA usai pertandingan.

Untuk itu, Conte meminta segenap tim untuk terus bangga mengenakan seragam timnas Italia kendati gagal membawa pulang piala.

"Tim nasional memberikan emosi dan rangsangan, saya harap Kejuaraan Eropa ini meninggalkan warisan dan cinta untuk seragam yang kami kenakan," katanya.

"Saya pikir kemenangan terbesar saya adalah bekerja dengan anak-anak muda di sini. Mulai dari yang menyiapkan seragam hingga juru masak. Semua adalah bagian dari pengalaman luar biasa, ini yang memberi saya kepuasan terbesar," kata dia.

Ia menambahkan, "Saya mendapat kehormatan bekerja dengan orang-orang yang memberi saya segalanya. Anda mencintai negara Anda dan seragam yang Anda pakai.

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016