Semarang (ANTARA News) - Tim Manor Racing berhasil meraih nilai pertama dalam lomba balap mobil Formula Satu setelah pebalap asal Jerman Pascal Wehrlein berhasil menempati posisi ke-10 di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, Austria, Minggu (3/7) waktu setempat.

Media Relations Rio Haryanto, Cep Goldia, dalam keterangannya Senin pagi menyebutkan, pebalap asal Jerman tersebut menempati posisi ke-10 dengan catatan waktu 1:10.859 sehingga berhasil mendapatkan poin satu.

Sementara itu rekan satu timnya, pebalap Indonesia Rio Haryanto menempati posisi ke-16 dengan catatan waktu 1:10.342.

"Ini luar biasa. Saya sangat bahagia! Ini adalah satu akhir pekan seperti yang lainnya dan mengakhirinya dengan cara ini adalah hadiah fantastis untuk semua orang," kata Pascal Wehrlein.

Pebalap asal Jerman tersebut sempat merasa kesal karena tidak beruntung dengan strateginya. "Pada satu titik saya merasa cukup kesal, karena kami sedikit tidak beruntung dengan strategi kami dalam kaitannya dengan safety car. Saya baru saja masuk pit, jadi ketika saya keluar setelah pit stop kedua saya, saya turun ke posisi terakhir." katanya.

"Bukan perasaan yang menyenangkan, tapi kami hanya harus berusaha dengan apa yang kami miliki, ban soft hingga finis - 40 lap! Untuk menyelesaikan lomba dan meraih poin dari posisi itu dengan berjalan selama lebih dari setengah jarak tempuh balapan di atas satu set ban merupakan pencapaian luar biasa," katanya.

Pebalap asal Solo, Jateng, Rio Haryanto mengaku senang dengan hasil yang dicapai timnya.

"Sungguh menakjubkan. Selamat kepada seluruh anggota tim untuk hasil yang luar biasa dari semua orang hari ini. Begitu banyak pekerjaan telah dilalui untuk ini dari setiap anggota tim dan itu tidak hanya bagus tapi juga sangat penting bagi kami semua untuk mendapatkan hasil ini. Ini berarti kami bergerak maju dan membuat kemajuan yang baik, dan itu penting saat kami menuju paruh kedua musim ini," kata Rio Haryanto.

Pebalap berusia 23 tahun tersebut mengatakan, dirinya memulai balapan dengan ban soft untuk 27 lap kemudian menjalani dua stin dengan supersoft.

"Saya mulai balapan dengan ban soft untuk 27 lap, kemudian menjalani dua stint dengan Supersoft. Stint pertama bekerja dengan baik bagi saya sampai safety car mengubah situasi balapan dan strategi saya tidak berjalan dengan baik hari ini. Saya senang dengan kecepatan saya, terutama menjelang akhir ketika saya mengejar Ericsson, tapi sayangnya tidak ada lagi kesempatan untuk merebut posisi yang lebih baik hari ini," katanya.

Direktur Balap Manor Racing Dave Ryan mengaku senang dengan capaian ini yang meraih poin. "Finis mendapat poin hari ini adalah cara yang fantastis untuk mengakhiri akhir pekan yang sangat positif. Yang paling penting adalah hal itu menunjukkan bahwa kami merupakan tim yang serius dan kami bekerja sangat keras untuk perbaikan," katanya.

Menurut dia, Pascal terlihat nyaman sepanjang waktu di Austria dan meskipun ada saat-saat lomba di mana situasi tidak tampak begitu bagus baginya, timnya merasa yakin dia akan mengatasinya. "Itulah apa yang ia lakukan dan ia menempatkan dirinya dalam posisi yang tepat untuk mengambil keuntungan jika situasi berpihak padanya," katanya.

Sedangkan Rio Haryanto, menurut dia, berada pada strategi yang berbeda. "Kami membagi strategi sehingga kami akan berada dalam posisi yang baik untuk merespon setiap kesempatan. Meskipun demikian, ia menjalani balapan dengan penuh kegigihan dan bisa senang dengan posisi ke-16 hari ini," katanya.

Pewarta: Hernawan Wahyudono
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016