Sambas, Kalbar, (ANTARA News) - Pada H-2 Lebaran 2016, harga daging sapi potong yang dijual di Pasar Flamboyan Kota Pontianak, sudah tembus di harga Rp140 ribu/kilogram dari sebelumnya Rp130 ribu/kilogram.

"Naiknya harga jual daging, karena dipicu oleh tingginya permintaan," kata Miputra (38) salah seorang pedagang sapi di Pasar Flamboyan Pontianak, Senin.

Ia menjelaskan, sudah hukum dagang, kalau permintaan tinggi sementara stok tidak mengalami penambahan, maka akan memicu kenaikan harga.

Bahkan menurut dia, daging sapi yang dia jual, sudah habis sejak pukul 05.00 WIB.

Hal senada juga dikatakan Madi (23), pedagang daging sapi potong lainnya di Pasar Flamboyan. Menurut dia walaupun persediaan daging sapi potong mencukupi, kenaikan harga masih saja terjadi.

"Kemungkinan harga jual daging sapi bisa kembali naik, pada H-1 Lebaran besok. Bisa-bisa harga jualnya tembus di Rp150 ribu/kilogram," ungkap Madi.

Saat ini, harga jual daging sapi potong lokal, yakni untuk kualitas A Rp140/kilogram, dan kualitas B Rp120/kilogram.

"Saya hari ini sudah menjual sekitar 700 kilogram daging, dengan berjualan mulai dari semalam pukul 19.00 WIB hingga siang ini," katanya.

Menurut dia, hari-hari biasa rata-rata hanya bisa menjual 200 sampai 300 kilogram saja. Namun, di hari besar seperti menyambut Lebaran bisa tiga kali lipat di atas normal.

Pewarta: Andilala
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016