Jakarta (ANTARA News) - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menyatakan bus-bus Transjakarta akan tetap melayani penumpang selama masa libur Idul Fitri 1437 Hijriah.

"Selama masa libur Lebaran, bus Transjakarta akan tetap beroperasi untuk melayani penumpang mulai dari pukul 05.00 sampai 22.00 WIB," kata Manajer Koordinasi Pengendalian PT Transjakarta Prasetia Budi di Jakarta, Selasa.

Selain bus reguler, layanan bus Transjakarta di malam hari (Amari) dan Angkutan Dini Hari (Andini) juga akan tetap beroperasi mulai pukul 22.00 hingga 05.00 WIB.

"Namun, khusus pada malam takbiran atau H-1 Idul Fitri, layanan bus Amari dan Andini hanya akan beroperasi sampai jam 02.00 pagi. Kami melakukan penyesuaian jadwal operasional pada malam takbiran," ujar Presetia.

Penyesuaian itu dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadi kemacetan di sebagian besar ruas jalan karena umumnya sebagian warga melakukan takbiran, baik di jalan umum maupun di mesjid-mesjid seputaran rute dan koridor yang dilalui bus Transjakarta.

"Selain itu, di koridor-koridor yang bersebelahan dengan mesjid yang akan digunakan untuk pelaksanakan Salat Idul Fitri, banyak warga atau panitia mesjid yang melakukan pengecatan garis batas jemaah salat di sisi jalanan umum hingga dini hari," tutur Prasetia.

Saat Idul Fitri (6/7), bus Transjakarta akan beroperasi mulai pukul 09.00 WIB karena manajemen memberikan kesempatan kepada pengemudi dan pegawai Transjakarta untuk salat Ied terlebih dahulu.

Dia menambahkan khusus selama libur Lebaran yang terhitung mulai 4 hingga 10 Juli 2016, bidang operasional tetap bertugas dengan kekuatan penuh untuk melayani penumpang.

Pewarta: Cornea Khairany
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016