Jakarta (ANTARA News) - Tempat penitipan hewan di Jakarta dan sekitarnya dipenuhi hewan peliharaan yang dititipkan pemiliknya karena mudik ke kampung halaman pada liburan hari Idul Fitri 1437 Hijriah.

"Kami sampai menolak permintaan karena kapasitas terbatas, hanya ada 31 kucing yang tertampung," kata pemilik jasa penitipan hewan dan juga dokter hewan, Nalia Putriyanda, saat dihubungi, di Jakarta, Kamis.

Tempat penitipan dan praktek dia di Bekasi dan hanya menerima kucing. "Ada yang menitip sampai seminggu, tapi ada juga yang lebih lama sampai 15 Juli," ungkap Putriyanda.

Dia hanya membebankan Rp50.000 sehari bagi pelanggannya yang menitipkan hewan kesayangan mereka. Ongkos itu termasuk penyewaan kandang dan makanan kucing, dan akan bertambah bila kucing mereka sakit.

"Kadang kami bawa jalan-jalan juga tapi tergantung kondisi kucingnya, kalau ternyata stres maka tidak bisa langsung dilepas," kata dia.

Dia selalu mengabari kondisi kucing kesayangan kepada para pemilik yang berada di kampung halaman.

"Karena pelanggan di sini adalah pelanggan setia maka mereka juga minta tolong agar kucingnya difoto jadi mereka tetap tahu kondisinya saat di kampung, tentu saya layani," kata dia.

Sedangkan okupasi Rumah Sakit Hewan Ragunan, Jakarta Selatan, juga penuh meski tidak seluruhnya. Di sana ada dua tempat penitipan hewan yaitu Pet Hotel, dan rawat inap yang menerima penitipan anjing dan kucing.

"Untuk masuk Pet Hotel itu hewan harus sehat, tidak kutuan dan harus divaksin, jadi sebelum dititip hewan-hewan itu harus diperiksa lebih dulu. Yang tidak memenuhi syarat Pet Hotel maka dititip di rawat inap, jadi okupasi rawat inap lebih tinggi yaitu sampai 90 persen karena kebanyakan pemilik tidak tahu hewan peliharaan mereka ternyata sakit," kata Natan, salah satu petugas di Rumah Sakit Hewan Ragunan.

Untuk Pet Hotel, RSH Ragunan memiliki daya tampung untuk  15 kucing dan 15 anjing. Saat libur lebaran kali ini penitipan anjing terisi 70 persen sedangkan kucing 50 persen.

"Kami sudah mengumumkan jauh hari sebelum lebaran kapan jam buka dan kapan buka setengah hari jadi masyarakat sudah tahu kapan harus datang ke sini," ungkap Natan.

Ongkos yang harus dibayar di Pet Hotel dan rawat inap pun berbeda. Penitipan kucing di Pet Hotel biayanya adalah Rp110.000/hari. Sedangkan anjing bervariasi yaitu anjing dengan bobot hingga 10 kilogram adalah Rp125.000/hari, 10-20 kilogram adalah Rp150.000/hari dan lebih dari 20 kilogram mencapai Rp180.000 per hari.

Sementara biaya di rawat inap untuk kucing adalah Rp85.000/hari, anjing dengan boobt hingga 10 kilogram adalah Rp90.000 per hari, bobot 10-20 kilogram adalah Rp125.000 per hari dan lebih dari 20 kilogram mencapai Rp150.000 per hari. Namun ada biaya kunjungan dokter sebesar Rp25.000 per kunjungan.

"Biaya itu sudah termasuk biaya makan dan juga jalan-jalan," jelas Natan.

Pewarta: Desca Natalia
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016