Padang (ANTARA News) - Ketua DPD RI Irman Gusman menyampaikan Indonesia kehilangan tokoh muda nasional yang hebat, santun dan bersahaja terkait tutup usianya Ketua KPU Husni Kamil Manik pada Kamis malam 7 Juli 2016.

"Innalillahi wainnailaihi rajiun, turut berduka cita atas wafatnya Ketua KPU RI Husni Kamil Manik. Semoga amal ibadahnya diterima oleh Allah SWT, kata Irman saat dikonfirmasi dari Padang, Jumat.

Menurut dia Husni adalah sosok yang santun, disiplin, dan pekerja keras atas pengabdian serta dedikasi kepada bangsa dan negara.

"Kita sungguh kehilangan tokoh dan pemimpin muda yang hebat," katanya.

Sementara Komisioner KPU Ferry Kurnia Rizkiyansyah menyampaikan jenazah Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Husni Kamil Manik menurut rencana akan dimakamkan di Taman Pemakaman Umum (TPU) Jeruk Purut, Jakarta pada Jumat siang.

"Jenazah almarhum tidak jadi disemayamkan di Kantor KPU Pusat Jakarta," katanya.

Upacara penghormatan terakhir kepada jenazah Ketua KPU akan dilangsungkan di rumah duka di Jalan Siaga Raya Nomor 23A Pejaten Jakarta Selatan pada pukul 10.00 hingga 10.15 WIB.

Jenazah kemudian dibawa ke Masjid Polri Pejaten untuk dishalatkan setelah ibadah Shalat Jumat, yang selanjutnya akan diberangkatkan ke TPU Jeruk Purut untuk dimakamkan.

Husni Kamil Manik lahir di Kota Medan, Sumatera Utara, 18 Juli 1975.

Husni menempuh pendidikan dari SD hingga MTsN di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, lalu ia melanjutkan ke MAN I hingga masuk ke Universitas Andalas, Padang, Sumatera Barat pada tahun 1994.

Pengalamannya dalam kegiatan kepemiluan itu membawa Husni terpilih sebagai anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Sumatera Barat selama dua periode, yakni pada 2003-2008 dan 2008-2013 dan akhirnya menjabat Ketua KPU pusat 2012-2017.

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016