Cianjur (ANTARA News) - Polres Cianjur, Jabar, memprediksi puncak arus balik lebaran akan terjadi Sabtu hingga Minggu, bahkan sejak H+2 kendaraan pemudik yang hendak kembali ke perantauannya masing-masing sudah mulai terlihat.

Kasat Lantas Polres Cianjur, AKP Erik BP pada wartawan, Jumat, mengatakan peningkatan arus balik di wilayah hukum Polres Cianjur hari ini sudah terpantau ada peningkatan.

"Sejak H+2 arus balik kendaraan pemudik sudah terpantau ada peningkatan. Kami prediksi untuk puncaknya akan terjadi esok hari dan Minggu," katanya.

Dia mengungkapkan, peningkatan volume kendaraan yang terjadi dipengaruhi arus kendaraan wisatawan yang hendak berlibur di kawasan Puncak-Cianjur."Hari ini terpantau arus kendaraan wisatawan yang melakukan liburan ke sejumlah tempat wisata di Cianjur, terus meningkat dan mulai berbaur dengan kendaraan pemudik yang hendak kembali," katanya.

Untuk memberikan rasa aman dan nyaman selama mudik dan balik, Polres Cianjur menyiagakan 3/4 pasukannya, pada lebaran kali ini. Tidak hanya satuan lalu lintas yang disibukkan dengan kegiatan itu, Satuan Pengendali Massa (Dalmas) dan Satuan Tugas Polisi Wanita (Satgas Polwan) ikut dilibatkan dalam pengaturan arus di sejumlah titik rawan macet di kawasan Puncak-Cianjur.

Kasat Sabhara Polres Cianjur, AKP Sudarman, mengatakan, SatDalmas dan Satgas Polwan ikut dilibatkan untuk mengatur arus lalu lintas agar tidak terjadi macet total."Untuk Dalmas dan Satgas Polwan sifatnya berkeliling, mereka dikonsentrasikan di sejumlah titik yang memang memerlukan penambahan kekuatan untuk pencairan arus lalu lintas," katanya.

Dia menambahkan, jajarannya tersebut disebar pula di sejumlah objek vital, seperti pusat perbelanjaan dan tempat-tempat wisata."Kami tetap berkonsentrasi di sejumlah objek vital untuk memberikan keamanan, kelancaran dan kenyamanan selama pelaksanaan arus mudik dan balik lebaran," katanya.

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016