Karawang (ANTARA News) - Arus balik di jalan Tol Jakarta-Cikampek wilayah Kabupaten Karawang hingga Cikarang, Jabar, padat merayap menyusul tingginya volume kendaraan yang melintas pada H+2 Lebaran atau Jumat.

Kepadatan arus lalu lintas dari arah Cikampek menuju Jakarta di jalan tol tersebut sudah terlihat sejak Kilometer 66. Di titik itu terjadi pertemuan arus antara kendaraan dari jalan Tol Cipali dan kendaraan yang melintas dari arah Tol Cipularang.

Sesuai pantauan di lapangan pada Jumat siang hingga malam, kendaraan yang melintasi jalan Tol Jakarta-Cikampek didominasi kendaraan pribadi.

Kendaraan-kendaraan pribadi yang melintasi jalan Tol Jakarta-Cikampek itu umumnya banyak membawa barang yang tersimpan di bagian atap kendaraan.

Berbagai jenis barang bawaan pemudik yang tersimpan di bagian atap kendaraannya itu terbungkus dengan terpal.

Selain karena tingginya volume kendaraan yang melintas, kepadatan arus lalu lintas juga dipicu banyaknya antrean kendaraan yang akan memasuki resta area.

Beberapa pengemudi terpaksa mengantre hingga lebih dari satu jam untuk masuk ke rest area, karena cukup banyak kendaraan yang akan masuk ke rest area tersebut.

Sementara itu, pengelola jalan Tol Cipali melalui Wakil Dirut PT Lintas Marga Sedaya

Hudaya Arryanto sebelumnya sempat mengaku khawatir kepadatan di jalan Tol Jakarta-Cikampek berimbas ke jalan Tol Cipali.

Itu dikhawatirkan karena musim mudik-balik lebaran tahun ini, diberlakukan sistem terintegrasi. Melalui sistem itu, maka kendaraan yang melintasi jalan Tol Cipali terjebak macet di titik pertemuan dua arus.

Dua arus yang dimaksud ialah kendaraan yang melintas dari jalan Tol Cipali dan kendaraan yang melintas dari jalan Tol Cipularang.

Pewarta: M. Ali Khumaini
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016