Tahun ini calon haji Bombana yang siap diberangkatkan sebanyak 135 orang, dan semuanya telah melakukan pelunasan di sejumlah bank yang ditunjuk
Rumbia (ANTARA News) - Kuota calon jamaah haji Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra) tahun 2016 mengalami kenaikan menjadi 135 orang atau bertambah dibanding dengan beberapa tahun sebelumnya yang hanya berkisar antara 82-90 orang.

"Tahun ini calon haji Bombana yang siap diberangkatkan sebanyak 135 orang, dan semuanya telah melakukan pelunasan di sejumlah bank yang ditunjuk," ujarr Kepala Kandepag Kementerian Agama Bombana Ahmad Lita S.Ag,M.Pd di Bombana, Sabtu.

Ia mengatakan, dalam rangkaian proses sebelum para calon haji diberangkatkan ke Tanah Suci Makkah, maka harus melalui kegiatan manasik haji yang diselenggarakan Kanwil Kementerian Agama Sultra bersama Kandepag Bombana yang direncanakan pada minggu ketiga Juli 2016.

"Jadi kegiatan manasik haji tetap dilaksanakan di Ibukota Bombana, sebab itu sangat penting untuk memberi manfaat dan pembelajaran sebelum melakukan ibadah haji," ujar Ahmad Lita.

Manasik haji, kata dia, adalah petunjuk/penjelasan cara mengerjakan dan sebagai tuntunan hal-hal yang berhubungan dengan rukun, wajib, dan sunnah haji dengan menggunakan miniatur kabah dan dilaksanakan sebelum berangkat ke Tanah Suci.

"Di Bombana, lokasi manasik akan dipusatkan di gedung serba guna, dan adapun kegiatan miniatur kabah bila dimungkinkan akan dilakukan di lapagan. yang hanya bersampingan dengan gedung pelaksanaan manasik," imbuhnya.

Manasik haji dilakukan untuk dapat memberikan pemahaman kepada setiap calon jamaah haji tentang tujuan utama keberangkatan mereka ke Tanah Suci. Tujuan dari diadakannya manasik haji adalah untuk mempermudah calon jamaah haji dalam memahami tentang ibadah haji baik secara teoritis maupun praktis sehingga diharapkan menjadi calon jamaah haji yang mandiri dapat melaksanakan ibadah haji dengan baik dan benar.

Pewarta: Azis Senong
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016