London (ANTARA News) - Pegolf nomor dua dunia Dustin Johnson menambah daftar atlet yang mundur dari Olimpiade Rio de Janeiro 2016 karena khawatir virus zika.

"Ini bukan keputusan yang mudah bagi saya, tapi kekhawatiran saya terhadap penyakit akibat virus zika itu tidak bisa diabaikan," kata pegolf Amerika Serikat itu dalam pernyataannya Jumat.

Sebelumnya pegolf nomor satu dunia Jason Day, peringkat empat Rory McIlroym dan peringkat delapan dunia Adam Scott juga telah menyatakan tidak akan bertanding pada pesta olahraga sejagat itu.

"Paulina dan saya berencana akan punya anak lagi dalam waktu dekat ini, dan saya merasa seperti kurang bertanggung jawab jika mendekati resiko terhadap diri sendiri dan keluarga," katanya.

Mundurnya sejumlah pegolf top dunia merupakan pukulan bagi cabang olahraga golf yang untuk pertama kali sejak 1904 kembali dipertandingkan pada Olimpiade.

Johnson saat ini merupakan pegolf favorit dunia. Ia terakhir menjuarai turnamen AS Terbuka dan WGC-Bridgestone.

Zika merupakan virus yang ditularkan melalui nyamuk. Penyakit yang bisa mengakibatkan gangguan syaraf dan janin ini sempat menyebar luas di kawasan Amerika Selatan. Demikian laporan Reuters.

(Uu.T004/A011)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016