Sampit, Kalteng (ANTARA News) - Penumpang arus balik Lebaran 2016 di Bandara Haji Asan Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah dilaporkan semakin ramai dan diperkirakan mengalami puncaknya pada Minggu.

"Untuk arus balik melalui bandara kami perkirakan mencapai puncaknya pada Minggu. Ini karena Senin sudah masuk kerja lagi," kata Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kotawaringin Timur (Kotim) H Fadlian Noor di Sampit, Sabtu.

Pantauan Sabtu sore, bandara yang terletak di pinggir Sungai Mentaya itu terlihat dipadati calon penumpang dan pengantar. Ada dua pesawat yang diberangkatkan yaitu Kalstar Aviation dengan kapasitas 118 penumpang dan Sriwijaya Air tujuan Surabaya berkapasitas 120 penumpang.

Penumpang yang datang dan berangkat, hampir sama banyaknya. Namun pesawat yang berangkat dari Sampit rata-rata terisi penuh, katanya.

"Saya pulang hari ini supaya besok masih bisa bersilaturahmi dengan kerabat dan tetangga di Surabaya. Sekalian besok menyempatkan istirahat karena Senin mulai bekerja," kata Aan, salah seorang penumpang yang berangkat dengan tujuan.Surabaya.

Saat arus mudik menjelang Idul Fitri 1437 Hijriyah, jumlah penumpang dari maupun menuju Sampit diperkirakan 20.000 orang lebih. Saat arus balik, jumlahnya diperkirakan hampir sama.

Dia mengatakan, saat ini ada tiga maskapai yang beroperasi di Bandara Haji Asan Sampit yakni Kalstar Aviation, Wings Air dan Sriwijaya Air. Tujuan yang dilayani adalah Jakarta, Surabaya, Semarang dan antarkota di Kalimantan.

Pewarta: Norjani
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016